Waspada Beli Peta Jakarta (Kliping SP)

Waspada membeli Peta Jakarta. Jika salah membeli, bisa-bisa malah
salah jalan dan merasa tertipu seperti yang saya alami. Semula
berniat membeli Peta Jakarta-Jabotabek edisi 2001/2002 karya Gunther
W Holtorf, yang didistribusikan oleh PT Djambatan seharga Rp
199.000.

Akan tetapi, karena tertarik harga yang lebih murah serta logo Dinas
Pemetaan dan Pengukuran Tanah Pemerintah DKI Jakarta di sudut kiri
bawah sampul, saya akhirnya memilih Peta Jakarta (Map & Street
Guide) edisi 2001/2002 karya Riadika Mastra yang dipublikasikan oleh
PT Bhuana Ilmu Populer (Gramedia Grup) seharga Rp 159.000.

Buku Peta Jakarta yang berlabel Edisi 2001-2002 ini, setelah saya
amat-amati ternyata isinya mirip dengan buku Peta Jakarta edisi
1997/1998 karya Gunther W Holtorf (dipublikasikan oleh PT Djambatan)
yang sebelumnya sudah saya miliki.

Kesamaannya tidak hanya pada desain cover depan, format halaman,
tetapi juga pada isi buku halaman demi halaman. Kalau ada perbedaan
hanya terdapat pada warna, ukuran/jenis huruf, letak nama jalan,
ukuran skala, dan beberapa bagian tidak penting yang sengaja
ditambahkan atau dikurangi.

Oleh karena "dikloning" dari Peta Jakarta edisi lama, sudah barang
tentu isinya sudah tidak baru lagi. Banyak nama jalan yang telah
berubah atau nama jalan baru yang tidak tercantum dalam peta
tersebut. Saya merasa telah tersesat dan salah jalan. Rudy S Pontoh
Jl Salihara RT 014/003 Pasar Minggu Jakarta Selatan

SUMBER: Kompas
Selasa, 23 Oktober 2001

REKOMENDASI MILIS: