Lagi, Tentang Optik Melawai

Nih, ada lagi beberapa komplain tentang Optik Melawai. Saya kutip
dari Pikiran Rakyat ( Rabu, 18 Desember 2002) atau lihat di
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/1202/18/10.htm dan Kompas
(Kamis, 3 Oktober 2002) atau lihat di http://www.kompas.com/kompas%
2Dcetak/0210/03/opini/bred04.htm. Silahkan simpulkan sendiri.

Pikiran Rakyat

Rabu, 18 Desember 2002 http://www.pikiran-
rakyat.com/cetak/1202/18/10.htm

OPTIK MELAWAI SANGAT MENGECEWAKAN

TANGGAL 6 September 2002, datang kiriman kartu pos promosi lensa
kontak/contact lens dari Optik Melawai.

Dengan kata-kata yang mengesankan dan bonus yang menarik, saya pun
datang ke optik tersebut di Jln. Kepatihan Bandung karena memang
sudah berlangganan di sana. Dengan membayar Rp 210.000,00 saya
membeli dan memakai lensa kontak itu langsung di tempat.

Namun setelah pulang, kurang lebih 2 jam, mata menjadi merah dan
pandangan pun kabur. Saat itu juga saya datang ke optik. Berdasarkan
saran dari Sdr. Ahmad — salah satu staf Optik Melawai — lensa harus
dilepas dan dicoba keesokan harinya karena mungkin kondisi mata saat
itu kurang sehat.

Keesokan harinya saya coba pakai kembali lensa kontak itu,
kenyataannya lebih parah.

Kurang lebih 1 jam dipakai, sudah tidak karuan, lensa kontak sampai
menyelinap ke bola mata bagian dalam sehingga sulit untuk dilepas.
Saya datang kembali ke optik membeli lagi lensa kontak pilihan
sendiri dan ternyata hasilnya baik.

Nah ternyata, mata saya sehat dan lensa kontak yang dipromosikan itu
tidak bermutu. Perlu diketahui saya memakai lensa kontak sudah
berpuluhan tahun dan tidak ada masalah.

Yang sangat saya kecewakan, lensa kontak yang pertama saya beli —
yang baru dipakai beberapa jam — tidak bisa ditukar, dengan alasan
lensa kontak yang pertama dibeli sama kualitasnya dengan lensa
kontak yang kedua. Alasan Optik Melawai Pusat Jakarta melalui telf.
021-5321111, "Mutu dan kualitas dari Optik Melawai selalu terjamin
dan tidak mungkin menjual yang tidak bermutu."

Dengan demikian saya berkesimpulan, Optik Melawai tidak menjaga dan
memerhatikan kepuasan pembeli. Semoga kejadian ini tidak menimpa
kepada langganan Optik Melawai lainnya.

Hendra Jln. Pagarsih No. 200\" Bandung

KOMPAS http://www.kompas.com/kompas%2Dcetak/0210/03/opini/bred04.htm

Kamis, 3 Oktober 2002

DIKECEWAKAN OPTIK MELAWAI

Beberapa waktu lalu saya membeli kacamata di Optik Melawai Cabang
Jalan Salemba Raya, Jakarta. Saya menginginkan jenis lensa plastik,
dengan tingkat kejernihan tinggi dilengkapi antiradiasi. Kepada saya
ditawarkan dua pilihan, masing-masing lensa plastik impor total dari
Jepang dengan kejernihan lebih baik, atau lensa plastik impor (dari
Jepang juga) dengan proses coating dalam negeri. Saya memilih yang
kedua, karena perbedaan harga yang cukup signifikan.

Persoalan muncul ketika saya menemukan cacat di salah satu sudut
lensa, yang menurut petugas optik, akibat proses coating yang tidak
sempurna. Optik sudah memperbaiki. Tapi setelah itu timbul persoalan
lain, ketika melihat satu obyek (juga ketika membaca tulisan pada
buku atau monitor komputer) di luar (kira-kira) diameter 1 cm dari
titik focus lensa, obyek penglihatan menjadi berbayang.

Juga hasil coating yang kurang baik sehingga lensa memantulkan warna-
warna pelangi ketika ditentangkan pada cahaya. Persoalan itu
mengganggu, terlebih lagi karena pekerjaan saya berkaitan dengan
membaca dan menulis. Setelah lensa diperiksa ulang, petugas tidak
menemukan kesalahan pada lensa. Setelah petugas optik berkonsultasi
dengan bagian Customer Care and Service (memakan waktu dua hari)
dinyatakan, lensa harus diganti dengan jenis impor total dari
Jepang, dan untuk itu saya harus membayar selisih harganya. Alasan
itu bukan kesalahan pihak optik, karena ukuran lensa sudah tepat.
Tentu saya keberatan karena tidak merasa kesalahan ada di pihak
saya. Sebagai pelanggan Optik Melawai, saya kecewa dengan
pelayanannya. Ida Indawati Jl Proklamasi 27E Jakarta 10320

SUMBER:jaga-jaga

REKOMENDASI MILIS:

TIPS PENCARIAN DI GOOGLE:  berhati-hatilah, hati-hati, hati-hatilah, waspada,
waspadalah, awas penipuan dan penodongan, asuransi, bank, investasi, jasa
pengiriman, pertolongan pertama, penipuan bisnis internet, penipuan email,
kejahatan, penodongan, pemerasan, keamanan, kesehatan dan penyakit, hipnotis,
tindakan, bencana, tempat belanja, bisnis jasa palsu, kehidupan keluarga,
jodoh, perkawinan, hobi dan keselamatan berkendaraan (mobil, motor, dll),
narkoba, makanan, perawatan bayi dan anak, resep masak berbahaya, transaksi
keuangan, kartu kredit, copet, modus dan teknik baru kejahatan, keselamatan,
daerah rawan, hak cipta, barang bajakan, hukum dan peraturan, hotel dan
restoran, produk merugikan untuk konsumen, tindakan pencegahan.