Mukjizat Rasulullah (007)

------------------------------------

Bismillahir rahmanir rahiem

Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah (ra), "Pada suatu hari saya mengalami rasa lapar yang sangat menyiksa. Selanjutnya Nabi (saw) mengajak saya ke rumah beliau. Di sana ada satu mangkuk susu, hadiah dari seseorang untuk Rasulullah (saw)."

Rasulullah (saw) bersabda kepadaku, "Abu Hurairah, pergi dan panggilah para ahli suffah [1] ke sini."

Dalam hati saya berkata, "Hanya satu mangkuk susu, bagaimana dapat mencukupi mereka semua? Andai saja diberikan kepada saya, tentu akan dapat menghilangkan rasa lapar dan dapat meluruskan tulang punggung saya."

Namun demikian, walaupun hati saya berkata demikian, saya tetap taat dan pergi memanggil semua ahli suffah untuk datang ke rumah Rasulullah (saw).

Rasulullah (saw) bersabda, "Sekarang bagikan susu ini kepada mereka semua."

Selanjutnya saya membagikan susu tersebut kepada seluruh ahli suffah yang hadir. Satu demi satu mangkuk itu saya berikan kepada setiap orang. Saya memberikan mangkuk itu kepada yang lain setelah seseorang telah meminumnya dengan puas. Bergiliran sehingga semuan ya dapat minum susu.

Setelah semua ahli suffah yang saya undang merasa puas minum susu, maka Rasulullah (saw) menyuruh saya untuk meminumnya, "Sekarang tinggal kamu dan saya. Duduklah dan minumlah!"

Sayapun duduk dan meminum susu itu. Saya minum dengan se-puas2-nya hingga kenyang. Nabi (saw) bersabada lagi, "Terus minum!"

Saya berkata, "Ya Rasulullah, sekarang sudah tidak ada lagi tempat kosong di perut saya."

Lalu saya berikan mangkuk itu kepada Rasulullah (saw). Dengan mengucap puji syukur kepada Allah (swt) dan dengan membaca basmalah, akhirnya susu itu dihabiskan oleh Nabi (saw). Subhanallah.

Catatan kaki:

[1] Ahli suffah adalah kumpulan orang2 miskin (termasuk para musafir) yang tidak punya rumah dan tidak punya pekerjaan tertentu yang tinggal di salah satu bagian dari masjid nabawi. Jumlah mereka tidak tentu dari masa ke masa. Dalam suatu riwayat dikabarkan bahwa dalam kisah diatas jumlah ahli suffah berkisar sekitar 70 orang.

*

http://imanyakin.modblog.com/core.mod?show=blogview&blog_id=496602

Yahoo! Groups Sponsor
click here