Seorang laki-laki bernama Bador datang ke sebuah salon untuk
memotong rambut
dan janggutnya. Ia pun memulai sedikit perbualan yang hangat dengan
tukang
cukur yang melayani nya. Berbagai macam topik pun akhirnya jadi
pilihan,
hingga akhirnya Tuhan jadi subjek perbualan.

"Hai Tuan, saya ini tidak percaya kalau Tuhan itu ada seperti yang
anda
katakan tadi," ujar si tukang cukur. Mendengar ungkapan itu, Bador
terkejut
dan bertanya, "Mengapa anda berkata demikian?".. "Mudah saja, cuba
anda
menjengok ke luar jendela itu dan sedarlah bahwa Tuhan itu memang
tidak ada.
Tolong jelaskan pada saya, jika Tuhan itu ada, mengapa banyak orang
yang
sakit? mengapa banyak anak yang terlantar?. Jika Tuhan itu ada,
tentu tidak
ada sakit dan penderitaan.Tuhan apa yang mengizinkan semua itu
terjadi..."
ungkapnya dengan nada yang tinggi.
Bador pun berpikir tentang apa yang baru saja dikatakan sang tukang
cukur.
Namun, ia sama sekali tidak memberi respon agar argumen tersebut
tidak Lebih
meluas lagi. Ketika sang tukang cukur selesai melakukan
pekerjaannya, Bador
pun berjalan keluar dari salon. Baru beberapa langkah, ia bertembung
dengan
seorang laki-laki berambut panjang dan janggutnya pun lebat.

Sepertinya ia sudah lama tidak pergi ke tukang cukur dan itu
membuatkan nya
terlihat tidak kemas. Bador kembali masuk ke dalam salon dan
kemudian
berkata pada sang tukang cukur, "Tukang cukur itu tidak ada!"...
Sang tukang
cukur pun terkejut dengan perkataan Bador tersebut.

"Bagaimana mungkin mereka tidak ada, buktinya adalah saya. Saya ada
di sini
dan saya adalah seorang tukang cukur," sanggahnya sang tukang cukur.
Bador
kembali berkata tegas, "Tidak, mereka tidak ada. kalau mereka ada,
tidak
mungkin ada orang yang berambut panjang dan berjanggut lebat seperti
contohnya lelaki di luar itu." "Ah, anda merepek saja...Tukang cukur
itu
selalu ada di mana-mana. Yang terjadi pada lelaki itu adalah bahwa
dia tidak
mau datang ke salon saya untuk dicukur," jawabnya tenang sambil
tersenyum.
"Tepat!" tegas Bador.

"Itulah contoh nya. Tuhan itu ada. Yang terjadi pada umat manusia
itu adalah
kerana mereka tidak mau datang mencari dan menemui-Nya. Itulah
sebabnya
mengapa begitu banyak penderitaan di seluruh dunia ini...."