e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                          e-Renungan Harian
     Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 20 Agustus 2012
Bacaan : Kejadian 17:15-22
Setahun: Yeremia 41-45
Nats: Tetapi Aku mengabulkan juga permohonanmu mengenai Ismael. Karena
      itu dia akan Kuberkati dan Kuberi keturunan yang banyak. Ia akan
      menjadi leluhur dua belas kepala suku, dan keturunannya akan
      Kujadikan suatu bangsa yang besar. (Kejadian 17:20 BIS)

Judul:

                           SYAFAAT ABRAHAM

  Teka-teki buat Anda: Berapakah anak Abraham? Satu? Dua?
  Jawabannya: delapan! Ya, anak Abraham secara jasmani ada delapan (1
  Tawarikh 1:28- 32). Namun, hanya dua yang disebut langsung sebagai
  keturunan Abraham, yaitu Ishak dan Ismael. Sisanya disebut sebagai
  keturunan Ketura, gundik Abraham. Menarik, ya? Kepada dua anak ini
  Allah menjanjikan berkat yang tidak diberikan kepada saudara-saudara
  mereka yang lain.

  Allah berjanji melalui keturunan Abraham, semua bangsa di bumi akan
  diberkati (12:3, 26:4). Dalam terang Perjanjian Baru, ini adalah
  janji tentang Mesias yang akan datang! Rencana Allah sangat jelas
  untuk menggenapinya melalui keturunan Ishak, anaknya dari Sara. Dua
  kali Allah menekankan hal ini (ayat 19 dan 21) menunjukkan bahwa
  rencana-Nya tak dapat diganggu-gugat! Sunat yang diterima Ismael
  bersama semua hamba laki-laki di rumah Abraham hari itu menunjukkan
  bahwa mereka juga menaruh pengharapan pada janji Allah. Kelak,
  mereka pun akan menjadi penerima berkat dari Sang Juru Selamat yang
  akan datang!

  Allah juga secara khusus memberkati Ismael. Keturunannya akan sangat
  banyak (ayat 20). Kaum muslim berpendapat mereka adalah keturunan
  Ismael melalui Qaydar (Kedar) dan Nabit (Nebayot). Dan benar bahwa
  hari ini jumlah mereka sangat banyak! Janji Allah sedang digenapi!
  Bagaimana awalnya hingga Ismael diberkati? Abraham telah bersyafaat
  bagi anak ini (ayat 18). Ia mengasihinya dan tak ingin Ismael
  kehilangan berkat Allah. Adakah hari ini kita juga mengasihi dan mau
  bersyafaat bagi keturunan Ismael, agar berkat dari Sang Juru Selamat
  dapat sampai kepada mereka? --JOE

                     JANJI ALLAH SELALU DITEPATI.
               KITA AKAN MELIHAT KAUM ISMAEL DIBERKATI.

e-RH Situs:  http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2012-08-20
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2012/08/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
        http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2012/08/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:              http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+17:15-22

  Kejadian 17:15-22

  15  Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: "Tentang isterimu
      Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara,
      itulah namanya.
  16  Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan
      memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan
      memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja
      bangsa-bangsa akan lahir dari padanya."
  17  Lalu tertunduklah Abraham dan tertawa serta berkata dalam
      hatinya: "Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun
      dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur
      sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?"
  18  Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael
      diperkenankan hidup di hadapan-Mu!"
  19  Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang
      akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai
      dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia
      menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
  20  Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan
      Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan
      memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi
      bangsa yang besar.
  21  Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan
      dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti
      ini juga."
  22  Setelah selesai berfirman kepada Abraham, naiklah Allah
      meninggalkan Abraham.

Bacaan Alkitab Setahun:
        http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+41-45
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+41-45

                Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
          Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Kirim email ke