e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                          e-Renungan Harian
     Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 9 Juli 2013
Bacaan : 1 Samuel 17:40-58
Setahun: Mazmur 81-87
Nats: Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing,
      tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam,
      Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. (1 Samuel
      17:45)

Judul:

                         KEKUATAN DARI TUHAN

  Suatu saat kami bertugas ke daerah yang dianggap penuh kekuatan
  gaib. Kepala bagian merasa khawatir dan menunda keberangkatan.
  Malamnya saya membuka renungan harian, yang membahas kuasa Tuhan di
  atas segala sesuatu di langit, di bumi, dan di bawah bumi. Tidak ada
  satu kuasa pun yang menandingi kuasa-Nya. Esoknya, saya memberikan
  artikel itu kepada kepala bagian. Setelah memahami kebesaran kuasa
  Tuhan dan perlindungan-Nya, ia merasa mantap untuk berangkat ke
  daerah itu.

  Saat menghadapi Goliat, Daud tidak berpikir bahwa musuhnya itu
  sangat besar. Ia hanya tahu, dirinya diperintahkan untuk
  menghadapinya. Hanya dengan batu kecil dan doa kepada Allah yang
  Mahabesar, ia pun berhasil melumpuhkan raksasa itu. Kekuatan dari
  Tuhanlah yang memberinya keberanian untuk maju bertarung tanpa
  pedang, tombak, atau lembing. Ia yakin bahwa siapa pun yang ada di
  hadapannya tidak akan sanggup mengalahkan kuasa Tuhan Allah yang ia
  sembah.

  Bagaimana dengan kita? Adakah kita merasa takut dan cemas hati
  menghadapi semua hal yang terjadi dalam hidup kita? Apakah itu
  masalah keuangan, masalah keluarga, pekerjaan, atau masa depan?
  Seberapa besar semuanya itu dibandingkan dengan kuasa Tuhan? Saat
  kita percaya kepada Sang Pemberi Hidup, kita akan mampu menghadapi
  apapun. Keberanian ekstra untuk menghadapi segala sesuatu, termasuk
  hal-hal yang berada di luar batas kemampuan kita. Pada saat seperti
  inilah Tuhan menunjukkan mukjizat-Nya. Dengan hanya percaya
  kepada-Nya, kita akan senantiasa menang. --Soni Sri Rezeki
  Simatupang

          KUASA TUHAN MEMBERI KITA KEMAMPUAN DAN KEBERANIAN
                   DALAM MENGHADAPI SEGALA SESUATU

e-RH Situs:                                  http://renunganharian.net
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/07/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
        http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/07/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:              http://alkitab.sabda.org/?1+Samuel+17:40-58

  1 Samuel 17:40-58

  40  Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari
      dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung
      gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya
      dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang
      Filistin itu.
  41  Orang Filistin itu kian dekat menghampiri Daud dan di depannya
      orang yang membawa perisainya.
  42  Ketika orang Filistin itu menujukan pandangnya ke arah Daud
      serta melihat dia, dihinanya Daud itu karena ia masih muda,
      kemerah-merahan dan elok parasnya.
  43  Orang Filistin itu berkata kepada Daud: "Anjingkah aku, maka
      engkau mendatangi aku dengan tongkat?" Lalu demi para allahnya
      orang Filistin itu mengutuki Daud.
  44  Pula orang Filistin itu berkata kepada Daud: "Hadapilah aku,
      maka aku akan memberikan dagingmu kepada burung-burung di udara
      dan kepada binatang-binatang di padang."
  45  Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau
      mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku
      mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala
      barisan Israel yang kautantang itu.
  46  Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku
      dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari
      tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat
      tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada
      binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel
      mempunyai Allah,
  47  dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan
      bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan
      Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan
      kami."
  48  Ketika orang Filistin itu bergerak maju untuk menemui Daud, maka
      segeralah Daud berlari ke barisan musuh untuk menemui orang
      Filistin itu;
  49  lalu Daud memasukkan tangannya dalam kantungnya, diambilnyalah
      sebuah batu dari dalamnya, diumbannya, maka kenalah dahi orang
      Filistin itu, sehingga batu itu terbenam ke dalam dahinya, dan
      terjerumuslah ia dengan mukanya ke tanah.
  50  Demikianlah Daud mengalahkan orang Filistin itu dengan umban dan
      batu; ia mengalahkan orang Filistin itu dan membunuhnya, tanpa
      pedang di tangan.
  51  Daud berlari mendapatkan orang Filistin itu, lalu berdiri di
      sebelahnya; diambilnyalah pedangnya, dihunusnya dari sarungnya,
      lalu menghabisi dia. Dipancungnyalah kepalanya dengan pedang
      itu. Ketika orang-orang Filistin melihat, bahwa pahlawan mereka
      telah mati, maka larilah mereka.
  52  Maka bangkitlah orang-orang Israel dan Yehuda, mereka
      bersorak-sorak lalu mengejar orang-orang Filistin sampai dekat
      Gat dan sampai pintu gerbang Ekron. Dan orang-orang yang
      terbunuh dari orang Filistin bergelimpangan di jalan ke Saaraim,
      sampai Gat dan sampai Ekron.
  53  Kemudian pulanglah orang Israel dari pemburuan hebat atas orang
      Filistin, lalu menjarah perkemahan mereka.
  54  Dan Daud mengambil kepala orang Filistin yang dipancungnya itu
      dan membawanya ke Yerusalem, tetapi senjata-senjata orang itu
      ditaruhnya dalam kemahnya.
  55  Ketika Saul melihat Daud pergi menemui orang Filistin itu,
      berkatalah ia kepada Abner, panglima tentaranya: "Anak siapakah
      orang muda itu, Abner?" Jawab Abner: "Demi tuanku hidup, ya
      raja, sesungguhnya aku tidak tahu."
  56  Kemudian raja berkata: "Tanyakanlah, anak siapakah orang muda
      itu."
  57  Ketika Daud kembali sesudah mengalahkan orang Filistin itu, maka
      Abner memanggilnya dan membawanya menghadap Saul, sedang kepala
      orang Filistin itu masih ada di tangannya.
  58  Kata Saul kepadanya: "Anak siapakah engkau, ya orang muda?"
      Jawab Daud: "Anak hamba tuanku, Isai, orang Betlehem itu."

Bacaan Alkitab Setahun:
        http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+81-87
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+81-87

                Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
          Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

 Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
     Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

Kirim email ke