e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                          e-Renungan Harian
     Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 12 Juli 2013
Bacaan : 2 Timotius 1:3-18
Setahun: Mazmur 101-105
Nats: Aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia
      berkuasa memelihara apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku
      hingga pada hari Tuhan. (2 Timotius 1:12)

Judul:

                             MENGENAL DIA

  Tema utama Alkitab adalah pengenalan akan Allah. Bisa dikatakan,
  hal terpenting yang rusak ketika manusia jatuh ke dalam dosa adalah
  pengenalan mereka akan Allah. Dalam Hosea 4:6, umat Tuhan binasa
  bila kehilangan pengenalan akan Allah. Tidak mengenal Allah membuat
  mereka kehilangan arah hidup, jatuh ke dalam berbagai dosa, dan
  akhirnya menuai binasa. Sebaliknya dalam Daniel 11:32
  digarisbawahi, bila umat Tuhan hidup dalam pengenalan akan Allah,
  mereka akan tetap kuat sekalipun di tengah situasi yang berat.
  Kekuatan kita ditentukan oleh seberapa jauh kita mengenal Allah
  kita.

  Pengenalan akan Allah pula yang menjadi inti kekuatan Paulus dalam
  menghadapi berbagai macam kesulitan dan penderitaan. Di tengah
  suasana yang sangat berat, di balik terali penjara, saat
  ditinggalkan oleh rekan-rekannya, Paulus tetap tidak kehilangan arah
  hidup, tidak mengalami keputusasaan, bahkan tidak kehilangan
  keyakinan akan pertolongan dan pemeliharaan Allah. Paulus memiliki
  pengenalan yang baik akan Allahnya sehingga ia berkata, "Aku tahu
  kepada siapa aku percaya."

  Bagaimana dengan hidup kita? Seberapa jauhkah kita membangun
  keintiman dengan Allah? Jika kita hidup mengenal Allah, maka kita
  akan menerima kekuatan setiap waktu, khususnya pada saat-saat sulit.
  Kita dapat menjadikan pengalaman hidup apa pun sebagai kesempatan
  untuk semakin mengenal Dia. Seperti Paulus, kita pun dapat berkata,
  "Aku tahu kepada siapa aku percaya" di tengah segala kesulitan
  hidup. --Yusak Budi Santosa

e-RH Situs:                                  http://renunganharian.net
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/07/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
        http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/07/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:              http://alkitab.sabda.org/?2+Timotius+1:3-18

  2 Timotius 1:3-18

   3  Aku mengucap syukur kepada Allah, yang kulayani dengan hati
      nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan
      selalu aku mengingat engkau dalam permohonanku, baik siang
      maupun malam.
   4  Dan apabila aku terkenang akan air matamu yang kaucurahkan, aku
      ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku.
   5  Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman
      yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu
      Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.
   6  Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia
      Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.
   7  Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan,
      melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.
   8  Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah
      malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah
      menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.
   9  Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan
      panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan
      berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah
      dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan
      zaman
  10  dan yang sekarang dinyatakan oleh kedatangan Juruselamat kita
      Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan
      mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.
  11  Untuk Injil inilah aku telah ditetapkan sebagai pemberita,
      sebagai rasul dan sebagai guru.
  12  Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak
      malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin
      bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya
      kepadaku hingga pada hari Tuhan.
  13  Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku
      sebagai contoh ajaran yang sehat dan lakukanlah itu dalam iman
      dan kasih dalam Kristus Yesus.
  14  Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada
      kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.
  15  Engkau tahu bahwa semua mereka yang di daerah Asia Kecil
      berpaling dari padaku; termasuk Figelus dan Hermogenes.
  16  Tuhan kiranya mengaruniakan rahmat-Nya kepada keluarga
      Onesiforus yang telah berulang-ulang menyegarkan hatiku. Ia
      tidak malu menjumpai aku di dalam penjara.
  17  Ketika di Roma, ia berusaha mencari aku dan sudah juga menemui
      aku.
  18  Kiranya Tuhan menunjukkan rahmat-Nya kepadanya pada hari-Nya.
      Betapa banyaknya pelayanan yang ia lakukan di Efesus engkau
      lebih mengetahuinya dari padaku.

Bacaan Alkitab Setahun:
        http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+101-105
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+101-105

                Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
          Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

 Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
     Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA