e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                          e-Renungan Harian
     Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 17 Juli 2013
Bacaan : Lukas 7:1-10
Setahun: Mazmur 132-138
Nats: Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula
      prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu:
      Pergi!, maka ia pergi... (Lukas 7:8)

Judul:

                           SIAP LAKSANAKAN!

  Dalam kemiliteran ada dua sikap yang menarik untuk diperhatikan.
  Pada waktu sang komandan memberikan pengarahan atau perintah, para
  prajurit bersikap "istirahat di tempat" (kedua kaki direnggangkan
  dengan jarak sekitar 30 cm dan kedua tangan mengepal di belakang).
  Ini menunjukkan sikap tubuh "siap menerima perintah apa pun dari
  komandan". Setelah komandan selesai berbicara, para prajurit
  berseru, "Siap laksanakan!" (tubuh tegak, kaki rapat, dan tangan
  kanan memberi hormat).

  Dalam bacaan hari ini, sang perwira, yaitu pemimpin pasukan 100
  orang dalam kemiliteran Romawi, mengutus para pemuka agama untuk
  bersaksi tentang reputasi Yesus di antara umat Yahudi (ay. 3-5)
  sebagai sikap perdamaian (karena pada waktu itu bangsa Israel
  dijajah oleh bangsa Romawi). Selanjutnya, sang perwira juga mengutus
  para sahabatnya untuk mencegah Yesus datang ke rumahnya dan hanya
  memohon agar Yesus memberikan perintah supaya hambanya yang sedang
  sakit dapat sembuh (ay. 6-8). Hal tersebut dilakukannya karena orang
  Yahudi dilarang keras menginjakkan kaki ke rumah orang non-Yahudi
  dan sebaliknya. Yesus menyebut sikap perwira tersebut sebagai "iman
  yang langka di kalangan bangsa Israel" (ay. 9).

  Sang Perwira tersebut telah menempatkan Yesus sebagai Panglimanya
  yang berkuasa memberi perintah, sementara tugasnya adalah
  melaksanakan segala perintah-Nya. Jika benar Yesus adalah Panglima
  kita, sudahkah kita menerima dan melaksanakan segala perintah-Nya
  dalam keadaan apa pun? --Eunike Agustin Butarbutar

                       IMAN ADALAH MENDENGARKAN
                DAN MELAKSANAKAN SEGALA PERINTAH TUHAN

e-RH Situs:                                  http://renunganharian.net
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/07/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
        http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/07/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:                   http://alkitab.sabda.org/?Lukas+7:1-10

  Lukas 7:1-10

   1  Setelah Yesus selesai berbicara di depan orang banyak, masuklah
      Ia ke Kapernaum.
   2  Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba, yang
      sangat dihargainya. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir
      mati.
   3  Ketika perwira itu mendengar tentang Yesus, ia menyuruh beberapa
      orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang
      dan menyembuhkan hambanya.
   4  Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta
      pertolongan-Nya, katanya: "Ia layak Engkau tolong,
   5  sebab ia mengasihi bangsa kita dan dialah yang menanggung
      pembangunan rumah ibadat kami."
   6  Lalu Yesus pergi bersama-sama dengan mereka. Ketika Ia tidak
      jauh lagi dari rumah perwira itu, perwira itu menyuruh
      sahabat-sahabatnya untuk mengatakan kepada-Nya: "Tuan, janganlah
      bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam
      rumahku;
   7  sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang
      kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu
      akan sembuh.
   8  Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula
      prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu:
      Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia
      datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia
      mengerjakannya."
   9  Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan
      sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia
      berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah
      Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"
  10  Dan setelah orang-orang yang disuruh itu kembali ke rumah,
      didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali.

Bacaan Alkitab Setahun:
        http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+132-138
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+132-138

                Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
          Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

 Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
     Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA