e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                          e-Renungan Harian
     Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 30 Juli 2013
Bacaan : Yeremia 11:18-23
Setahun: Kidung Agung 1-4
Nats: Tetapi, TUHAN semesta alam, yang menghakimi dengan adil, yang
      menguji batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu
      terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku.
      (Yeremia 11:20)

Judul:

                          TAK PERLU MEMBALAS

  Di tengah kesulitan karena tidak ada yang memercayai
  pemberitaannya, Yeremia senantiasa taat kepada firman Tuhan. Dalam
  bagian ini, ia diutus untuk menyampaikan firman kepada bangsa Yehuda
  dan penduduk Yerusalem. Meskipun nubuatannya keras, ia menginginkan
  bangsanya bertobat dan berbalik kepada Allah.

  Sayangnya, harapannya tidak menjadi kenyataan. Firman yang ia
  sampaikan menimbulkan sakit hati bagi banyak kelompok yang
  menentangnya. Kelompok penentang ini menyusun rencana dan mengancam
  untuk membunuh Yeremia. Mendapatkan ancaman seperti itu, Yeremia
  tentu dapat kecewa, sakit hati, dan berusaha membalas. Namun, ia
  tidak membiarkan hatinya terpengaruh. Ia meneguhkan hati dan dan
  menyerahkan segala perkaranya kepada Tuhan yang sanggup membelanya.

  Ketika kita belajar untuk hidup dalam kebenaran firman-Nya, masalah
  dan tantangan dapat menerpa kita, menimbulkan kekecewaan dan sakit
  hati. Tentu saja, kita tidak perlu membiarkan persoalan tersebut
  tetap bercokol di dalam hati kita, mencemari hati kita. Kita dapat
  mengikuti jejak Yeremia, yang tidak mengizinkan rasa kecewa dan
  sakit hati mengotori hatinya. Ia tahu Tuhan menghakimi dengan adil
  serta menguji batin dan hati. Untuk menjaga hati kita tetap bersih,
  kita perlu menyerahkan segala perkara ke dalam tangan Tuhan dan
  menyerahkan pembalasan kepada-Nya, yang berhak menjalankannya. Hati
  kita akan tenang dan damai sejahtera ketika kita menolak untuk
  membalas perlakuan buruk yang kita alami. --Yusak Budi Santosa

              KEBENCIAN AKAN BERHENTI KETIKA TUNTUTANNYA
                 UNTUK MEMBALAS DENDAM TIDAK DITURUTI

e-RH Situs:                                  http://renunganharian.net
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/07/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
        http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/07/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:               http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+11:18-23

  Yeremia 11:18-23

  18  TUHAN memberitahukan hal itu kepadaku, maka aku mengetahuinya;
      pada waktu itu Engkau, TUHAN, memperlihatkan perbuatan mereka
      kepadaku.
  19  Tetapi aku dulu seperti anak domba jinak yang dibawa untuk
      disembelih, aku tidak tahu bahwa mereka mengadakan persepakatan
      jahat terhadap aku: "Marilah kita binasakan pohon ini dengan
      buah-buahnya! Marilah kita melenyapkannya dari negeri
      orang-orang yang hidup, sehingga namanya tidak diingat orang
      lagi!"
  20  Tetapi, TUHAN semesta alam, yang menghakimi dengan adil, yang
      menguji batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu
      terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku.
  21  Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang orang-orang Anatot yang
      ingin mencabut nyawaku dengan mengatakan: "Janganlah bernubuat
      demi nama TUHAN, supaya jangan engkau mati oleh tangan kami!" --
  22  Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam: "Sesungguhnya,
      Aku akan menghukum mereka: pemuda-pemuda mereka akan mati oleh
      pedang, anak-anak mereka yang laki-laki dan perempuan akan habis
      mati kelaparan;
  23  tidak ada yang tinggal hidup di antara mereka, sebab Aku akan
      mendatangkan malapetaka kepada orang-orang Anatot pada tahun
      hukuman mereka."

Bacaan Alkitab Setahun:
        http://alkitab.sabda.org/?Kidung+Agung+1-4
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kidung+Agung+1-4

                Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
          Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

 Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
     Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

Kirim email ke