e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                          e-Renungan Harian
     Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 21 Agustus 2013
Bacaan : 1 Samuel 17:20-39
Setahun: Yeremia 26-28
Nats: TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar
      beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin
      itu. (1 Samuel 17:37a)

Judul:

                           PERLU KEBERANIAN

  Pengalaman Anda apa? Itulah pertanyaan yang sering diajukan kepada
  calon karyawan pada suatu instansi. Kemampuan seseorang biasanya
  bisa diukur dari pengalaman yang ia miliki. Orang yang lebih dewasa
  biasanya juga memiliki pengalaman lebih banyak daripada orang yang
  lebih muda. Apakah hal ini juga berlaku dalam pelayanan?

  Daud pernah diremehkan kemampuannya ketika berada di medan
  peperangan. Ia hanya seorang gembala domba, masih muda, dan tidak
  memiliki pengalaman perang (ay. 28, 33). Daud dianggap tidak cocok
  berada di medan peperangan. Ia bukan orang yang sepadan untuk
  menghadapi Goliat karena ia kalah pengalaman. Jika para prajurit
  yang terlatih itu saja ketakutan, bagaimana mungkin ia berani
  menghadapinya (ay. 24)? Akan tetapi, Daud menganggap pengalamannya
  menggembalakan domba cukup untuk menghadapi Goliat (ay. 34-36).
  Dalam pengalaman itu ia menyaksikan kuasa Allah yang membangkitkan
  keberaniannya. Begitulah. Ia tidak maju berperang dengan keberanian
  yang membabi buta, melainkan dengan disertai keyakinan akan
  penyertaan Allah, yang akan membela umat pilihan-Nya (ay. 36).

  Apakah Anda merasa masih muda dan miskin pengalaman? Jangan takut
  mengambil bagian dalam pelayanan. Pengalaman pelayanan memang
  berguna, tetapi ada kalanya pengalaman saja tidak cukup. Jika Tuhan
  memanggil kita untuk melayani, Dia akan menyertai dan memperlengkapi
  kita. Tuhan dapat memakai siapa saja yang bersedia mengandalkan
  kuasa-Nya. Dia akan memampukan orang itu untuk melaksanakan
  tugas-Nya. --Yakobus Budi Prasojo

    PADA SAAT TANTANGAN DI SEKITAR KITA MEMBANGKITKAN KETAKUTAN,
   PENYERTAAN TUHAN AKAN MEMBANGKITKAN KEBERANIAN DALAM HATI KITA.

e-RH Situs:                                  http://renunganharian.net
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2013/08/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
        http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2013/08/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:              http://alkitab.sabda.org/?1+Samuel+17:20-39

  1 Samuel 17:20-39

  20  Lalu Daud bangun pagi-pagi, ditinggalkannyalah kambing dombanya
      pada seorang penjaga, lalu mengangkat muatan dan pergi, seperti
      yang diperintahkan Isai kepadanya. Sampailah ia ke perkemahan,
      ketika tentara keluar untuk mengatur barisannya dan mengangkat
      sorak perang.
  21  Orang Israel dan orang Filistin itu mengatur barisannya, barisan
      berhadapan dengan barisan.
  22  Lalu Daud menurunkan barang-barangnya dan meninggalkannya di
      tangan penjaga barang-barang tentara. Berlari-larilah Daud ke
      tempat barisan; sesampai di sana, bertanyalah ia kepada
      kakak-kakaknya apakah mereka selamat.
  23  Sedang ia berbicara dengan mereka, tampillah maju pendekar itu.
      Namanya Goliat, orang Filistin dari Gat, dari barisan orang
      Filistin. Ia mengucapkan kata-kata yang tadi juga, dan Daud
      mendengarnya.
  24  Ketika semua orang Israel melihat orang itu, larilah mereka dari
      padanya dengan sangat ketakutan.
  25  Berkatalah orang-orang Israel itu: "Sudahkah kamu lihat orang
      yang maju itu? Sesungguhnya ia maju untuk mencemoohkan orang
      Israel! Orang yang mengalahkan dia akan dianugerahi raja
      kekayaan yang besar, raja akan memberikan anaknya yang perempuan
      kepadanya dan kaum keluarganya akan dibebaskannya dari pajak di
      Israel."
  26  Lalu berkatalah Daud kepada orang-orang yang berdiri di
      dekatnya: "Apakah yang akan dilakukan kepada orang yang
      mengalahkan orang Filistin itu dan yang menghindarkan cemooh
      dari Israel? Siapakah orang Filistin yang tak bersunat ini,
      sampai ia berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yang
      hidup?"
  27  Rakyat itupun menjawabnya dengan perkataan tadi: "Begitulah akan
      dilakukan kepada orang yang mengalahkan dia."
  28  Ketika Eliab, kakaknya yang tertua, mendengar perkataan Daud
      kepada orang-orang itu, bangkitlah amarah Eliab kepada Daud
      sambil berkata: "Mengapa engkau datang? Dan pada siapakah
      kautinggalkan kambing domba yang dua tiga ekor itu di padang
      gurun? Aku kenal sifat pemberanimu dan kejahatan hatimu: engkau
      datang ke mari dengan maksud melihat pertempuran."
  29  Tetapi jawab Daud: "Apa yang telah kuperbuat? Hanya bertanya
      saja!"
  30  Lalu berpalinglah ia dari padanya kepada orang lain dan
      menanyakan yang sama. Dan rakyat memberi jawab kepadanya seperti
      tadi.
  31  Terdengarlah kepada orang perkataan yang diucapkan oleh Daud,
      lalu diberitahukanlah kepada Saul. Dan Saul menyuruh memanggil
      dia.
  32  Berkatalah Daud kepada Saul: "Janganlah seseorang menjadi tawar
      hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin
      itu."
  33  Tetapi Saul berkata kepada Daud: "Tidak mungkin engkau dapat
      menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau
      masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi
      prajurit."
  34  Tetapi Daud berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa
      menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau
      beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,
  35  maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari
      mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku
      menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.
  36  Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan
      orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti
      salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh
      barisan dari pada Allah yang hidup."
  37  Pula kata Daud: "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar
      singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari
      tangan orang Filistin itu." Kata Saul kepada Daud: "Pergilah!
      TUHAN menyertai engkau."
  38  Lalu Saul mengenakan baju perangnya kepada Daud, ditaruhnya
      ketopong tembaga di kepalanya dan dikenakannya baju zirah
      kepadanya.
  39  Lalu Daud mengikatkan pedangnya di luar baju perangnya, kemudian
      ia berikhtiar berjalan, sebab belum pernah dicobanya. Maka
      berkatalah Daud kepada Saul: "Aku tidak dapat berjalan dengan
      memakai ini, sebab belum pernah aku mencobanya." Kemudian ia
      menanggalkannya.

Bacaan Alkitab Setahun:
        http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+26-28
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+26-28

                Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
          Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

 Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
     Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

Kirim email ke