e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                          e-Renungan Harian
     Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 3 Agustus 2014
Bacaan : Wahyu 2:1-7
Setahun: Yesaya 10-14
Nats: Meskipun demikian, Aku mencela engkau, karena engkau telah
      meninggalkan kasihmu yang semula. (Wahyu 2:4)

Judul:

                       KESEMPURNAAN YANG DICELA

  Menilik hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang Efesus, tidak
  salah jika mereka dipandang sebagai gereja yang sempurna! Jemaat ini
  sangat giat dalam pekerjaan Tuhan, tekun dalam iman kepada Kristus,
  gigih menghadapi rasul palsu dan ajaran sesat (ay. 2). Jemaat ini
  tidak pernah bosan mengiring Tuhan (ay. 3). Mereka pun membenci
  kejahatan (ay. 6). Gambaran gereja yang sempurna, bukan?

  Namun, mengapa Tuhan malah mencela mereka? Tuhan menyebutkan bahwa
  mereka bersalah karena telah meninggalkan kasih yang semula (ay. 4).
  Hal-hal luar biasa yang mereka lakukan itu menjebak mereka dalam
  kesombongan rohani sehingga mendinginkan kasih mereka kepada sesama
  dan Tuhan (bd. 1 Yoh 4:20-21). Kesibukan dan kecintaan mereka pada
  hal-hal rohani justru mengikis cinta yang utama, yaitu kepada Tuhan
  dan sesama. Tuhan mengingatkan jemaat ini untuk bertobat dan kembali
  kepada kasih yang semula; jika tidak, Tuhan akan mengambil kaki dian
  (semua pelayanan) itu dari hidup mereka (ay. 5).

  Tuhan, Sang Empunya pelayanan (kaki dian), mempercayakan pelayanan
  kepada kita, gereja-Nya, sebagai penyalur terang kasih dan
  berkat-Nya bagi sesama. Apalah artinya gereja yang begitu giat
  melakukan kegiatan rohani, punya banyak karunia, punya pengetahuan
  hebat tentang Alkitab, namun menolak untuk berbelas kasih kepada
  saudara seiman dan orang yang tidak mengenal Tuhan? Mari indahkan
  peringatan-Nya dan kembali pada apa yang dikehendaki-Nya. Kiranya
  hidup kita senantiasa digerakkan oleh kasih yang semula. --Samuel
  Yudi S /Renungan Harian

       SESEMPURNA APA PUN AKTIVITAS ROHANI YANG KITA LAKUKAN,
      JIKA KITA TIDAK MENGASIHI SESAMA, TUHAN JUSTRU MENCELANYA.

e-RH Situs:                                  http://renunganharian.net
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2014/08/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
                      https://www.facebook.com/groups/renungan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab:                    http://alkitab.sabda.org/?Wahyu+2:1-7

  Wahyu 2:1-7

   1  "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman
      dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya
      dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.
   2  Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun
      ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap
      orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang
      menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian,
      bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta.
   3  Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan
      engkau tidak mengenal lelah.
   4  Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah
      meninggalkan kasihmu yang semula.
   5  Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh!
      Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan.
      Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan
      mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak
      bertobat.
   6  Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala
      perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci.
   7  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan
      Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi
      makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Bacaan Alkitab Setahun:
        http://alkitab.sabda.org/?Yesaya+10-14
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+10-14

                Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
          Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

 Diberkati? Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
     Donasi: Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA