Kang Rovick,

Minggu lalu, hal tsb sudah pula disinggung di satu artikel ttg Ekspedisi
Laut Dalam (Kompas, tanggal/harinya lupa). Methane (dituliskan sbg
hydrates, bukan hydrocarbon) di kedalaman lebih dari 7000 m tsb sangat
berpotensi utk ditambang. Ketua tim ekspedisi adalah Bp. R. Djamaluddin
(BPPT).
Mungkin artikel di Republika itu adalah tindak lanjut dr ekspedisi tsb.

Salam,
Syaiful

                    <rovicky.r.putrohari@she

                    ll.com.bn>                     To:     [EMAIL PROTECTED]

                                                   cc:

                    08/26/02 03:35 PM              Subject:     [iagi-net-l] Energy
shift --> natural or created by human
                    Please respond to               activity ??

                    iagi-net

--- In [EMAIL PROTECTED], Detya Kala Marica <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Kalo sempet mbaca Iptek di harian Republika tanggal 21
Agustus 2002, dibritakan akan ada Studi gabungan
Indonesia dan Jepun untuk mengkaji adanya deposit
hydrocarbon (methane) di Palung Jawa. (sayang tida ada
versi on-line)

Ada kawan yang bilang IAGI (Ikatan Ahli Geologi
Indonesia) dan HAGI (Himpunan Ahli Geofisika
Indonesia) juga ikutan dalam studi ini- akan tetapi
tidak disebut dalam berita di harian itu [rada mangkel
dikit kawan satu ini].

Menurut peta yang terlampir di situ, lokasi studi
Palung Jawa ini ada di sebelah selatan Sukabumi.

Seorang kawan - yang geologist [spt RDP] - bilang
adanya deposit Methane dalam bentuk (barangkali) Gas
hydrates pada daerah tersebut  sesuai dengan teori
Fore Arc Basin - "binatang" apa ini, embuh lah - ini
bagian RDP untuk mbabar ngelmunya.

di bawah ini saya lampirkan 'potongan abstract' dari
paper :
"Oceanic Hydrates: more questions than answers"
by Jean Laherrere
for Energy Exploration and Exploitation date May 3,
2000

Abstract

>From an oil industry standpoint, methane hydrate is
known as a major problem because it plugs casing and
pipelines. From a media standpoint, hydrates provide
an almost inexhaustible supply of articles concerning
greenhouse effects, landslides, global warming and
mysterious events such as the loss of aircraft in the
"Bermuda Triangle". From a scientific standpoint, they
provide much scope for academic research projects.

Oceanic hydrates have been recovered in some of the
thousands of ODP/Joides boreholes, from which a total
of over 250 km of core have been taken.

salam,

cakilz

--- rovicky <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> supaya tidak
> menjadikan resources yang sudah dimilikinya menjadi
> "basi".
> Seandainya saja energi solar cell, angin serta
> energi nuklir
> berkembang pesat ... maka resources yang jutaaan
> atau milyaran barrel
> miliknya menjadi kagak laku lagi ... dan sudah pasti
> yang hancur atau
> kerepotan ya mereka sendiri ...
>
> Jadi ... benerkah atau seriuskah pengembangan energi
> alternatip ini.
>
> "Energy shift --> natural or created by human

Indonesian Association of Geologists [IAGI] - 31st Annual Convention
September 30 - October2, 2002 - Shangri La Hotel, SURABAYA