Deepwater bisa berarti beberapa macem
1. Currently Deep water with deep water sediment (ini yang umum sajah).
Jadi sedimen serta kondisi saat ini dalam deep water environment.
2. Currently shallow water/land with deepwater sediment (contohnya
mungkin East Java (deep targets)).
Bagi geologist sangat mudah memahami hal ini.
3. Currently Deep water with shallow sediments
Ini karena rifting atau sagging dimana kondisi saat ini dalam kondisi
laut dalam. Saya disini di 'outer shelf' juga ketemu ada fluvial (?)
dari kenampakan seismik attribute map serta dari bugs (nanno/paleontologi data.

Namun yang sering menjadi topik adalah yang pertama diatas. Dan
seringkali memanfaatkan 'the present is the key to the past' cara
simplifikasi sajah. Tapi disni ternyata aku perhatiin banyak sekali
pitfall.... karena kondisi di outershelf sangat dinamik dibanding shelf
yang relatif stabil. Clay di deepwater sepertinya relatif lebih plastis
ketimbang shelf clay sehingga bisa membuat clay diapir yang meliuk-liuk
emempengaruhi sedimentasi tentunya..

RDP