From: Hasan Sidi [mailto:hsidi@;jasongeo.com]
Sent: 18 Oktober 2002 7:15
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [iagi-net-l] Storm deposit di Kutai Basin

> Ada teman yang baru balik dari BAlikpapan - Samarinda area dan dia
> lihat banyak sekali storm deposit. Dia bilang sekitar 50% dari
> sandstone di outcrop di kontrol oleh storm.

Nanya yang rada basic dulu, apa dasar penentuan ada storm deposit di outcrop
East Kal. Ini soalnya khan udah interpretatif.
Kalau dasarnya Hummocky Cross-Stratification (HCS) saja, saya personally
mempertanyakan apakah memang HCS ini identik dengan storm. Menurut saya, HCS
ini product upper-flow regime yang memang kebanyakan akibat storm energy.
Namun bukan tidak mungkin HCS ini juga dihasilkan oleh very high fluvial
energy kan?
Mungkin ada bukti selain HCS? Keong-nya?

> Apakah ini teori baru? Setau saya baik present day Mahakam dan paleo
> Mahakam semuanya dikontrol oleh low wave energy.

Sedikit koreksi, yang disebut paleo Mahakam yang punya low-wave energy so
far hanya dari Middle Miocene up. Sementara delta-nya sendiri ada yang Lower
Miocene. Mungkin saatnya pak ADB cerita sedikit mengenai thesis-nya ...

FHS