From: Andang Bachtiar [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 29 January 2003 08:44
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Subject: [iagi-net-l] Low Resitivity Pay --> FOSI Open Discussion:
Petrophysics

Saya ingin mengingatkan pada para praktisi petrophysicist bahwa basis utama
interpretasi evaluasi formasi bawah permukaan adalah "the real rock", baik
yang berupa cuttings maupun (kalau ada) cores. Bersamaan dg naikknya
cuttings ke permukaan, bacaan gas detector & chromatograph merupakan data
penyerta yang harus selalu diperhitungkan, tentunya juga dengan
memperhitungkan berbagai drilling dan borehole parameter lainnya (
diantaranya: Rate of Penetration, Mud Weight dan Mud Type).

Perihal visual examination, description, dan interpretation dari cuttings
(dan core) in the field (during drilling) menjadi sangat penting manakala
kita berhadapan dengan LRP atau LRC ini. Apabila petrophysicist hanya
mengandalkan hasil bacaan log setelah lubang dibuka, tanpa mencoba untuk
menyaring dan menganalisis rinci terlebih dulu interesting zones dari
MUDLOG, maka hasilnya akan penuh dengan coba-coba, kira-kira, dan
asumsi-asumsi yang tak berdasar kuat.

Visual examination on cuttings-pun harus benar-benar divalidasi
keabsahannya. Tidak adanya penyebutan oil-show didalam mudlog, bukan berarti
zone yang bersangkutan harus dilewatkan begitu saja. Ada satu kasus di Low
Res Pay di East Java Basin clastics, dimana ada drilling gas anomaly (shows)
waktu nembus zone yang hanya 8feet-an tersebut, tapi tidak dilaporkan adanya
oil show. Karena penasaran, si exploration manager sampai memerintahkan
lewat tilpon kepada : mudlogger, TDC engineer, dan wellsite geologist untuk
masing-masing melakukan analisis oil shows pada cuttingnya tersebut. Nah,
setelah berulang-ulang diambil sampelnya dan dilakukan oleh 3 orang yang
berbeda, maka keluarlah dlam mudlog reportnya itu oil-shows pada LRP
interval tersebut. Dalam production test keluar 500 BOPD tanpa air sama
sekali dari resistivity sand yang hanya 1.5-2 ohm tsb.

Bayangkan jika di kasus East Java Basin tadi, Mudweight yang dipakai ngebor
sangat overbalance sehingga gas shownya tidak keluar dan tidak begitu
seignificant. Maka "oil show" juga tidak akan keluar, dan apalagi LRP,.....
tidak akan bisa dipick dari log, karena sangat rendahnya resistivity-nya.
Kalau anda ingin bertanya tentang log lainnya: density, neutron, sonic,
dsbnya........ sama saja dengan resistivitynya: membuat frustasi!!
Zone-nnya tipis-tipis, GR-nya tinggi (glauconitic), D-N-Sonicnya persis
kayak siltstone.

Jadi, dalam menghadapi LRP dan LRC, saya sarankan pertama kali,.....
reprocess wellsite geologist anda supaya lebih tajam dalam mendeteksi "the
real rock" and "the real oil" (jangan buru-buru reprocess log anda)!!!

SAlam

ADB