ikut nimbrung dikit,

Itu juga masih harus diperhitungkan untuk recovery factor nya mas. Seperti halnya di
minyak ada istilah STB (stock tank bbl) dan OIP (oil in place), maka di mineral juga
ada % rec nya.
Kalo mas Ndaru bilang 435 Koz itu adalah Gold in place dan harus dikalikan percent
recovery nya (betul khan mas Ndaru)......atau itu sudah rec grade?

Dan itu tergantung dari ore body dan mineral associate nya. Jika ore body nya
refractory akan lebih kecil % rec nya. Tapi dengan adanya rosting and CIL akan
menambah besaran tsb.

dengan harga emas saat ini sebenarnya cukup profit karena operational cost nya approx.
200 USD/oz.