wah terpaksa nongol nioh.... padahal lagi mau jadi pemerhati saja he5x

menurut informasi dari hrd petronas
dan peraturan negri jiran utk petronas, utk sistem kontrak minimal experience adalah
10thn, kurang dari itu semuanya pake ringgit dan ga pake allowance2an...
untuk kontrak benefitnya pake rumah perbulan 4000rm, plus medical yang terbatas.. utk
tiket pulang pergi saya tidak dapat informasi... gaji mulai 4000USD

sedangkan utk permanent mengikuti standard gaji petronas yang belum direvisi selama 10
tahun lebih... jadi gaji petronas saat ini mengikuti standard gaji 10 tahun yang
lalu...
yang agak2 lucu... job grade dan salary grade tidak sama, ada yang SGnya 20 tapi job
gradenya 24 (kayak saya hehehe) dan untuk sampe ke level SG 24 butuh waktu more than 6
tahun.. tapi pada saat SG24 maka JGnya juga udah naek lagi..
level job grade 24 itu dipersimpangan jalan antara technical/skill dan management...
untuk naek dari satu grade ke grade lainnya butuh waktu 3 tahun normal

utk housing loan dapat 90xgaji
utk car loan dapet 60000RM dan diwajibkan maksimal mobilnya berumur 5 tahun.
sementara benefit2 lainnya masih banyak tapi pada umumnya sama dengan indonesia.jatah
cuti 15 hari utk karyawan baru dan naik menjadi 20 hari utk yang senior
level pekerjaan dibagi menjadi non executive, executive, senior executive, pengurus,
manager, senior manager.. etc
saat ini yang asyik buat org2 yang ditempatkan di offshore rig dan daerah2 konflik
atau bencana mereka dapat hardship allowance/day....

untuk informasi saja....BANYAK ORANG MALAYSIA YANG BEKERJA DI PETRONAS PUN SAAT INI
PINDAH KE PERUSAHAAN LAINNYA.....

best regards
ujay