From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Sent: Thursday, June 05, 2003 7:32 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [iagi-net-l] sonic behind casing

Terimakasih mas Frank atas pencerahannya. Yg sudah terjadi, sonic tool
dipergunakan di interval open-hole, terus saja hingga melewati
cased-hole
di atasnya. Nah, ini yg saya tanyakan dari kemarin: apa yg mesti
dilakukan/dikoreksi dg data yg di cased-hole tsb, apakah cukup sederhana
atau perlu perlakuan yg rumit?

Utk GR tool dg kasus yg sama, saya tinggal menggeser seluruh data yg di
cased-hole itu sekian gAPI lebih besar (yg ini 'kan sudah umum). Gitu
lho.

Jadi kembali ke sonic yg di cased-hole tadi, gimana dong cara koreksinya
(kalau bisa)?

Salam,
Syaiful
* Frank, nggak pakai bahasa baku lho...

                    "Franciscus

                    Sinartio"            To:     [EMAIL PROTECTED]

                    <[EMAIL PROTECTED]       cc:

                    tmail.com>           Subject:     RE: [iagi-net-l]
sonic behind casing

                    06/04/03 08:15

                    PM

                    Please respond

                    to iagi-net

Kalau VSP thru casing berbeda dengan sonic thru casing dalam hal:
1. VSP hanya melewati casing satu kali, sonic dua kali (kalau dianggap
yang

diukur yang behind casing)
2. Pada VSP ketebalan casing relative kecil (tipis) dibandingkan dengan
keseluruhan batuan+casing yang dilalui gelombang suara.
3. Efek refraksi di casing pada sonic akan lebih besar dari pada efek
refraksi pada VSP

saya sering shooting VSP thru casing dulu .. tidak ada problem,  kalau
dua
casing(dekat peralihan casing yang berdiameter berbeda) selalu saya
hindari,
kecuali kalau perlu2 banget .
kalau sonic thru casing tidak pernah, tetapi secara teoritis bisa saja
yang

penting tahu response casing (+cement nya)terhadap sonic (Velocity nya,
densitynya, dan freq,. gelombang yang dipakai), nanti di koreksi.
eh... bisa jadi TA nih  siapa yang mau coba, tetapi sebaiknya meyakinkan
dulu oil co. nya.

kalau tidak salah,  beberapa bulan lalu , ada yang nanya ttg bagaimana
membuat pseudo sonic log.  sekarang dibalik saja: bagaimana kalau me run
sonic log pada waktu workover.  jadi sumur di lapangan yang tidak ada
sonic

nya bisa di shoot sonic nya.  setahu saya banyak sekali sumur develpment
yang tidak punya sonic, terutama jama sebelum reservoir characterization
memakai seismic ngetop dan murah.
mungkin Pak Syaiful sudah siap untuk merun sonic thru casing ya ?
jangan
lupa run GR untuk referens dan log lain juga (kan sudah ada resistivity
thru
casing ?)

atau praktek ini sudah sering dilakukan ya ?

fbs

> [...]
>dulu sih pernah ditawarin VSP sampai inside casing,
>cuma rada ragu juga mengingat adanya efek ringing ini.
>
>mungkin rekan dari service coy bisa memberi keterangan lanjut?
>
>--
>pta

>Komisi Sedimentologi (FOSI) : F. Hasan Sidi([EMAIL PROTECTED])
>-http://fosi.iagi.or.id
>
>Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi([EMAIL PROTECTED])
>
>Komisi Karst : Hanang Samodra([EMAIL PROTECTED])
>
>Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo([EMAIL PROTECTED])
>
>Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau
[EMAIL PROTECTED]),