Pak Ade,
Kehidupan ? pertanyaan dasar manusia saya ini siapa, dari mana, mau kemana
... trus pertanyaan yg baru --> apakah kita sendirian di alam jagad raya
ini ?
Kehidupan seperti apa yang dicari ? what kind of "life forms" ? apakah
yang seperti kita bermata dua bertelinga dua dengan dua mata (tapi satu
hati ... itu aja sering tertutup ... :) hihihi Klingon kalee :) goyon thok
..
Apakah mencari kehidupan yg sudah berevolusi seperti di Bumi mulai dari
virus hingga chimpanzee ? atau malah masih berujud ubur-ubur. Biasanya sih
manusia banyak yang minder dengan menyatakan adanya kehidupan "mahluk
cerdas" dari jagad luar angkasa ..... dengan contoh sci-fi ... UFO :(

Mungkin yg kedua ini yang lebih menarik
Dulu ada juga spekulan science yg menyebutkan kehidupan di bumi berasal
dari Planet Mars (life from mars). Secara scientific sangat memungkinkan
juga seandainya ada sebuah meteor membawa "seekor virus atau bakteri" yang
jatuh ke bumi. Pasti banyak yg membayangkan bahwa meteor ini akan suangat
panas, tetapi penelitian lain membuktikan bahwa didalam sebuah batu meteor
yg menghunjam ke bumi justru akan sangat dingin bahkan beku! yang
menyediakan ruang yg cukup utk bakteri "berpuasa"selama perjalanannya.

Pak Ade Critain doonk ... emangnya ada berita apa lagi sampai tigabulan
kemaren ...?
lah saya malah ngga mengikuti lagi sejak kendaraan 4 wheel drive,
"Sojourner", dinyatakan pensiun ngga bekerja lagi

RDP