From: "Meong" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, June 25, 2003 8:31 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] Malaysia Menculik Doktor-Doktor Indonesia

> berdasarkan kebijaksanaan penerimaan tka di malaysia (kebetulan dulu
sempet mencicipi 3 bulan di petronas holding company, yang ngurusin migas..

> pertama, mereka mulai melirik orang indonesia sejak tahun 1998 ketika
petronas diberi ijin oleh gus dur utk masuk menjadi pemain migas di
indonesia.. sejak petronas go international, mereka selalu mengincar menjadi
pemain di indonesia tetapi selalu tidak diberi ijin oleh soeharto..

> kedua, malaysianisasi tetap terjadi.. hanya utk bidang pekerjaan G&G, sdm
di malaysia sangat sedikit sekali bahkan kurang.. sehingga petronas memncari
tenaga G&G dari luar... selama ini org2 "mat saleh" (istilah org malaysia
buat para bule) yang dijadikan tenaga ahli.. tetapi kemudian berubah selain
karena soal yang pertama tadi juga karena gaji orang indonesia, vietnam,
kazaktan, india etc.. lebih murah (bahkan menurut seorang manager hrd
petronas.. " saye bisa dapat tenaga ahli dgn half price dgn kualitas yang
hampir sama, tetapi komunikasi dan budaya yang sama dengan kami.."

> ketiga, dari yang saya alami, mereka sangat menghargai orang dari
kualitasnya... kualitas pekerjaannya, tetapi orang malaysia memiliki budaya
krajaan yang sangat tinggi, ada satu kejadian rapat dihadiri oleh snr mgrnya
maka kondisi rapat menjadi lain sekali... bahkan satu lagi, waktu rapat
disuatu ruangan dengan org luar (bahkan dengan mat saleh skalipun) kalau
ruangan itu akan dipake oleh bos mereka, maka meeting dihentikan padahal si
bos mendadak memakainya... :)

> keempat, org negri jiran itu tau kalo mereka adalah owner dari semua migas
yang ada, jadi mereka menunjukan hal tersebut didepan para "mat saleh"
tersebut tetapi sangat profesional sehingga tidak terlihat kaya orang
tengil...

> sekedar pembandingan.. (saya tidak tau gaji dari para "mat saleh" cuma
menurut rekan kerja saya yang org malaysia.. gajinya mat saleh yang kontrak
kira2 8.000-10.000USD/month bersih, sementara org indonesia kira2
4000-6000USD/month bersih. Kalau statusnya permanent maka gajinya akan sama,
dan perlakuaannya juga sama dengan org malaysia...

> satu hal yang paling mencolok perbedaannya adalah HRD dan spirit org2
malaysia di bidang migas... spirit seorang pemenang dan pemimpin di asia
tenggara...
> coba aja kirim email ke hrd petronas... maka mereka akan dengan sangat
senang hati membalas email kita...

> best regards
> ujay

konsisten : ya, lebih pinter ngomong : pasti (tapi coba suruh presentasi
dalam "bahasa", yang pasti jadi sepotong-sepotong, he...)

jadi

[EMAIL PROTECTED]),