Pak Ndaru,

Sekedar menambahkan mengenai IKONOS. Memang betul kata Pak Ridwan, kita harus jeli
melihat aplikasi apa yang perlu kita selesaikan. Satu sisi IKONOS memang baik. Tapi
disilain membutuhkan pemrosesan yang agak sedikit 'rumit' karena karakter pengambilan
data yang seringkali tidak nadir (tegak lurus). Sehingga dari pengalaman saya selama
ini, selain sulit dalam intrepertasi (kecuali visual) juga cukup sulit mendapatkan
akurasi spasial yang baik, terutama misalnya dalam usaha perhitungan kuantitatif
(luasan dan volumetrik.. misalnya).

Mungkin selain data satelit yang disebutkan Pak Ridwan, salah satu yang lain adalah
ASTER yang saat ini mungkin cukup menarik. Selain bisa menghasilkan informasi
ketinggian (DEM), juga berkarakter multispektral yang baik sekali untuk analisis
identifikasi objek. Dari segi resolusi spasial juga lebih baik dari Landsat.

Semoga sukses dan selamat memanfaatkan teknologi satelit.
Wassalam,

Aria