Dedy,

Salah satu utk melihat (batas erosi/unconf) emang mungkin dengan melihat
foram, palyno (nano-nano) fosil2nya (enviroment identification atau umur).
Namun tentunya tidak dapat dilakukan utk semua sumur. Jadi kita akan tahu
dari satu sumur dengan baik. Nah ketika akan menarik batas yg sama
(ekivalen) disumur sebelahnya maka yg dipakai kembali  lagi hanya electric
log saja, yang pada umumnya hanya terdiri basic log data (G-Ray,
Resistivity, Sonic, Den-Por).

Utk memperkirakan lithology IVF ternyata tidak sederhana. Emang dari teori
"pembentukan wadahnya" IV (incised Valey) menunjukkan adanya intensitas
energy yg lebih besar pada IV ini, kan terjadi erosi :p . Namun besarnya
energy (arus air) apakah masih bisa dipakai untuk memperkirakan energy yg
besar juga ketika "pengisian" IV ini.
Secara geometri IV ini dibentuk oleh energy yg relativ lebih besar, namun
ketika diisi .... mungkin saja masih mempunyai intensitas energy yg besar
juga. Artinya ...--> mungkin sandier ... pertanyaannya : akankah IVF lebih
banyak pasirnya ketimbang clay/mud ? ...  yg perlu diuji kan asumsi ini
bener apa enggak ? .. atau mungkin ada teori yg dapat menunjukkan
bagaimana proses pengisian IV ini ? Paling tidak saya bisa mencari dimana
batas erosinya ....

Tapi ketika menemukan jawaban "tidak selalu" ... ini yg sulit ... Karena
menurutku teori science yg bagus musti bisa mempermudah ketika membuat
prediksi (postdiksi).

Lam salam

27/06/2003 10:06 AM
Please respond to iagi-net