From: [EMAIL PROTECTED]
[mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, 20 November 2003 10:49
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [iagi-net-l] Reservoir Modelling

Saya rasa diskusi 3D software ini pernah Herman diskusikan setahun yang
lalu ??
Dari diskusi itu ada juga membahas RMS-Roxar vs Petrel.
Beberapa bulan yang lalu ada juga diskusi tentang Petrel vs RMS.

Saya sendiri kebetulan memakai RMS. Seperti kata Dewi, emang rada
njelimet....,
namanya juga software, harus sabar saja utk try and error.
Ditempat saya, structurenya cukup kompleks, dan saya sudah memodel
paling
tidak sampai
menghandle 20-an faults, yang beberapa diantaranya, saling potong. So
far,
hasilnya OK.
Setahu saya Petrel dipakai oleh Shell, krn fault handlingnya OK,
sedangkan
utk facies modelingnya
pakai Shell punya software sendiri.
Utk channel modeling, RMS jauh lebih bagus. Petrel punya channel
modeling,
sama dengan RMS channel
modeling versi awal-awal. Dan juga kalau ada crevasse splay, splay ini
nggak attach ke channelnya, agak sedikit
terpisah alias sometimes untung-untungan attach ke channelnya. RMS yang
sekarang, utk channel modelingnya,
crevasse splaynya selalu akan attach ke channelnya. Dari beberapa
observasi
yang saya lihat dari teman sebelah
saya yang sedang menggunakan Petrel, saya bisa menarik kesimpulan bahwa
RMS
lebih powerfull utk memodel
reservoir yang lebih kompleks. Geostatistik variogramnya, menurut saya
juga
sangat stable.
Saya juga melihat bahwa RMS ini juga bisa digunakan utk menggantikan
CPS3
dalam men-generate surface-surface
diantara surface-surface yang diinterpretasi hanya dalam sekali run.
Lumayan, ngirit waktu.
Utk export-import ke reservoir simulation software juga nggak masalah,
bisa
ke Eclipse atau VIP dlsb.

Salam,
Teguh P.

                      "Larasati, Dewi"

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:
<[EMAIL PROTECTED]>

                      illips.com>                    cc:

                                                     Subject:  RE:
[iagi-net-l] Reservoir Modelling

                      11/20/2003 07:51 AM

                      Please respond to

                      iagi-net

Kita di Conocophillips pakai Roxar. Tidak user friendly. Sangat banyak
tombol yang harus dipencet, kalau salah hasilnya bisa beda (bisa juga
enggak).
Powerfull kalau kita tahu persis cara pakainya dan tahu persis
algorithmnya. Kemampuannya kata orang yang pernah pakai Roxar dan
Petrel, Roxar lebih bisa menghandle model 3D yang complex, tapi Petrel
tidak. Ada yang bisa memberi tambahan soal yang terakhir?

DL