From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: December 18, 2003 10:35 AM
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Cc: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [iagi-net-l] IAGI-HAGI gelar joint convention Jakarta 2003
- EVALUASI

dibawah sana adalah kesan dari sahabat saya buat pak syaiful (yg salah
satu ... :)

kesan saya satu jua ... kok yg main converence room (ballroom 2) sepi
sedang yg lain membludak sampe bediri nih :p
ah, kali karena deket dengan booth2 pameran yg jauuh lebih menarik :(

RDP
======
>From : mimbar bambang seputro <[EMAIL PROTECTED]>
Subject : Catatan dari penyelenggaraan IAGI+HAGI

----------------------------------------------------------------------1.
COOL

Menjadi peserta pameran stand atau "booth" selalu ada yang kurang dari
segala pihak.

Misalnya waktu yang diberikan oleh pihak hotel untuk memasang booth
yang singkat yaitu sekitar 6 jam, tetapi pada kenyataannya tidak
demikian. Kalau pihak kontraktor partisi baru datang jam 02:00 dan
sampai jam 08:00 belum juga kunjung selesai, maka mulailah perangai
aseli kita muncul. Sebab pengisi pameran seperti Geoprolog dsb. juga
harus "rig-up" pasang ini dan itu yang membutuhkan waktu 2 jam lebih.

Beruntung ketika pihak panitia panik deadline menjadi molor, kami dari
Geoprolog segera mantak aji, rapal mantera yang bunyinya "shing sabar,
shing sareh" - dan ilmu ghoib ini ternyata bisa menjadi air penyejuk
bagi panitia yang saat itu sudah begadangan, capek dan panik.

Saya baru tahu komplimentari datang dari pihak panitia booth saat
memberikan "memento" yang sering diplesetkan oleh lidah indo menjadi
menjadi "momento" - ternyata menurut panitia hanya pemilik booth no
"20" yang tidak kelihatan panik, dan tidak marah.

Sayang "shobar" award tidak pernah masuk kategori yang
dipertandingkan. Coba kalau ada, kali ajah bisa masuk nominasi. Yang
dipertandingkan cuma poster yang meriah dengan warna kadang seperti
marah. Dan poligami.

2. Ukuran booth (stand) umumnya tertulis 3 meter panjang dan 3 meter
lebar. Ukuran ini sudah fixed, maksudnya tidak boleh serakah
mengakuisisi yang bukan haknya. Standar booth adalah hurup "U"
terbalik maksudnya kalau dilihat dari atas, disisi kiri ada tripex,
disisi kanan ada triplex dan sisi atas ada triplex. Sisi bawah dibuka
untuk akses keluar masuk.

Akan tetapi beberapa peminat ternyata punya trik yang lihay.

Mereka minta kepada panitia supaya partisi kiri dan kanan dibuka, jadi
sepintas yang namanya booth cuma ada "backdrop" selembar triplex 3 x 3
m. Dan saya baru "nyaho" setelah di lapangan ternyata dengan
terbukanya booth maka mereka dengan bebas melakukan expansi kekanan
dan kekiri, bisa taruh furniture lengkap, bisa menjadi tempat tidur
penjaga malam (karena banyak komputer, plasma TV).

Ini yang kalau diwarung dinamakan Three-In-One, bayar satu stand,
ambil dua stand nekad.

3. LENG-BET (Meleng- Sabet)

Konvensi kali ini didominasi oleh banyaknya mahasiswa dari pelbagai
universitas. Ada dari Pakuan, Lampung, Brawijaya, Bandung, Makassar
dan masih banyak lagi. Ini generasi tumbuh. Otak perlu pertumbuhan,
sementara badan perlu per(se)tubuhan.

Akibatnya kapasitas tanki mereka cukup besar, dan boros BBM. Mulai
dari Ice-Breaker Party, sekalipun diadakan di swimming-pool HMS,
tetapi mencari segelas air es tawar, sulitnya bukan alang kepalang.
Full kesereten, istilahnya. Lalu saat lunch tiba, jangan coba telat
kecuali anda memang favorit nasi putih dan kuah doang. Hitung-hitung
"diet"

Tapi dari segi positifnya, antusiasme mereka menyala-nyala.

4. MINYAK HABIS

Mendengar keluh kesah mahasiswa seputar isu minyak habis, memang perlu
ilmu dan rapalan mantera lain. Saya terpaksa menjawab, "dik, waktu
1971 saya masuk fakultas kebumian, isue minyak habis itu sudah santer.
Toh 23 tahun di Oil Industri, minyak ya masih ngocor saja. Ada satu
planet bumi tetapi banyak cabang teknologi yang bermunculan. Acuhkan
saja cangkem crigis (bawel) yang memang mereka happy kalau sedang
tidak happy"

Ada ramalan kiamat, satu pihak jual harta benda, dan puasa ngebleng
menunggu transportasi "busway" ke Sorga. Satu pihak bawa mobil patroli
untuk menangkapi mereka. Satu pihak memaki-maki karena memiliki
"kepercayaan" beda dengan yang kita anut. Majalah Tempo menulis arti
Qiyamat sebagai "satu garus lurus benda angkasa "alignment"- lha
tinggal kita mau lihat dari sudut mana.

Atau keluhan soal sulitnya lapangan pekerjaan...

Saya atasi dengan contoh hidup. Saya menemukan mahasiswa yang sama
seperti anda "culun, bego, agak ngampung, mengajukan pertanyaan
bodoh.." - 3-4 tahun kemudian saya menemukan si culun ini sudah pada
posisi manajemen, dan menandatangani "invoice" perusahaan saya.

Sementara saya tetap jadi SPG (Sales Promosion Gaek). Jadi siapa yang
sebetulnya culun?

Tetap dengan mempertahankan posisi kejar bola, soal dapat kerjaan
sudah ada yang atur.

So dont worry..

Seneng rasanya melihat senyuman merekah dibibir para mahasiswa,
apalagi kalau mahasiswi tentunya.

Sekalilagi terimakasih kepada teman-teman yang sudah mampir dari mulai
bicarakan Nagasasra sampai ke gossip dsb. Kami enjoy habis dengan
Joint Committe ini. [embees]

Mimbar Seputro
0811806549
Jakarta, Thursday, December 18, 2003

"If you fail to plan, you plan to fail"

Komisi Sedimentologi (FOSI) : F. Hasan
Sidi([EMAIL PROTECTED])-http://fosi.iagi.or.id
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau
[EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])