Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

"Everybody know, but not everybody do"

Rovicky, tepat sekali ungkapan itu, jadi biarlah kita belajar dari some people who do,
meskipun bilangannya sedikit saja. Yang sedikit pun lumayan, daripada tidak ada sama
sekali.

Yang namanya ilmu, di komunitas maya maupun nyata, tetap ilmu sebab betapa sayangnya
kalau ilmu hanya harus dibagikan di komunitas nyata yang frekuensi pertemuannya kalah
jauh dengan internet yang day-to-day basis dan tanpa sekat-sekat formalitas.

Jadi, menulislah terus di manapun itu, pengorbanannya tidak akan pernah sia-sia.

Salam,
awang

Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>From: johnny aruan
>
>Selamat malam....
>Sorry "agak" OOT dikit...aku tuh kagum + heran liat mas-mas Rovicky dan
>Paulus, dua2nya sama2 aktif didua tempat di milis iagi dan hagi,bahasannya
>pun keren2 banget...semenjak aku masuk milis ini aku cuman bisa jadi
>penonton doang, liat si Rovicky dan Paulus aktifnya bukan main.Aku pengen
>seperti anda...jujur..wawasan anda berdua bagus dan determinasi kalian
>gila2an dibidang geologi dan geofisika,saya lulusan 2003 GM ITB,saya ingin
> [...]

Waduh John, topiku jadi ndak muat nih .... takut besar kepala nih :)

Btw, aku bukan apa-apa dibanding rekan-rekan lain di HAGI-IAGI, merekalah yg
lebih hebat karena merka lebih banyak berkiprah didunia nayata (real),
sedangkan aku sekedar ada di dunia maya (virtual). Banyak diantara
temen-temen kita itu yang sudah Master, Doktor, bahkan banyak juga yang post
Doc. Padahal ini kan komunitas ilmiah, dimana semestinya yg dituliskan lebih
banyak soal-soal ilmu ketimbang ngobrol ngalor-ngidul yg sering saya
tuliskan. Aku sendiri menulis paper ilmiah tidak sebanyak temen-temen yang
lain. Menulis ilmiah yg serius dan bagus itu perlu keahlian yg ngga aku
miliki. Artikel, paper, tulisan di koran dll ini adalah bentuk sharing di
dunia nyata "real", ketimbang sekedar nulis di milist.

Yang pasti beda hanyalah aku lebih aktif di milist ... itu saja !

Apakah mereka ngga mau melakukan seperti yg kulakukan... wow jangan begitu
dulu.
Sekali lagi media di milist ini kan hanyalah salah satu dari sekian jenis
media komunikasi utk sharing informasi, sharing knowledge, serta berbagi
rasa (misal ada yg tertimpa kesusahan dll). Ditempat lain ada koran, ada
televisi, ada radio, ada juga journal dan majalah ilmiah. Bahkan ada yang
ngobrol santai serta ada yg lebih serius dengan berbicara di lunch talk,
evening talk dll. Jadi bentuk 'sharing' itu banyak sekali macamnya. Saya
hanya lewat satu milist ini saja. Yang lainnya lebih bayak menggunakan media
lainnya termasuk menulis paper di IPA convention, Pertemuan ilmiah
IAGI-HAGI, bahkan banyak yg melakukannya terjun langsung ke masyarakat
seperti FKDPM, serta forum-forum LSM lainnya. Ini adalah bentuk2 sharing
knowledge yang memanfaatkan media lainnya.

Kerja bhakti ?
Perlu diketahui "sharing" informasi ini bukan sesuatu yg geratis atau kerja
bakti .... saya menyadari bahwa semua perlu pengorbanan, tetapi semua akan
memberikan hasil nyata. Menurut pendapat saya pribadi, ndak ada manusia yg
mau bekerja atau melakukan sesuatu tanpa motivasi .... baik motivasi untuk
tujuan material (uang, gaji, pangkat dll) maupun non material (pujian,
tepukan, bahkan kesombongan)... Nah masing-masing bentuk sharing informasi
dalam media-media ini nantinya akan mempunyai impact langsung maupun tidak
langsung dalam mengejar motivasi materi ataupun non materi termasuk "mencari
kerja" (nyari duwik).

Yang saya lakukan di milist inipun sekedar sharing dari yang saya tahu, Ini
saja mungkin yang berbeda dengan rekan-rekan saya yg lain di HAGI-IAGI.
Bahkan saya tahu percis banyak geoscientist yg lebih tahu dari aku tentang
apapun yang aku tulis. Akupun setiap membaca tulisan atau rangkuman orang
lain aku juga sering berkata :
"ah, aku juga tahu itu ..."
"ah, itu bukan istimewa ... "
"ah itu sih mudah aku juga bisa ...."
Dan kenyataannya emang begitu .... "everybody know, but not everybody do !"

Mungkin anda bener bahwa yg kulakukan kadang gila-gila-an, bahkan barangkali
gila beneran .. upst !! Wong semua itu hanya terbatas pada pemikiran bebas
saja ... Dalam artian "wild" ... ya WILD ... ini emang pikiran gila ... tapi
apa sih bedanya orang gila dan orang jenius ? Kedua melakukan dengan cara
yang sama atau mirip tetapi hasilnya beda ... :)

Sumber info,
Sumber informasi tentunya banyak sekali. Semua media yang aku sebutkan
diatas merupakan sumber informasi, sumber data, sumber ilmu. Di Internet
buanyak sekali sumber informasi terutama dengan search engine (google,
altavista, yahoo dll), di koran, majalah, bahkan dijalan raya ketika sedang
menyetir mobil kita akan dapet informasi baru. Dan jangan lupa sumber
informasi yang terdekat dengan kita adalah apa yg sudah kita kita ketahui
(otak kita sendiri sebagai storage informasi). menggali apa yg sudah kita
ketahui saja sudah cukup utk menambah informasi baru lainnya. Maksudku ...
keep thinking !!

Jadi kalau johny ingin profesional, ikutlah aktif di lingkungan anda. Baik
di lingkungan kemahasiswaan, lingkungan kantor, lingkungan profesi, bahkan
masyarakat sekitar. Ekspresikan saja apa yang kau ketahui dengan membagi
dengan tulisan disini. Ekspresikan saja apa yang kau inginkan, termasuk
hanya rasa ingin tahu ..... dengan bertanya ... apaan sih itu ?

"Everybody know, but not everybody do"

Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]), Arif
Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])