Lha, tentunya bukan tugas dari pekerja volkanologi yg mesti 'ndodok' di
samping kandang kambing! Saya kira, itu dapat dilakukan siapa saja yg
tinggal di sekitar gunung-api; warga yg memang sehari-hari dekat dg kandang
kambing atau sapinya, yg kerja di kebun dan memang setiap hari melihat
semut, serangga, dan binatang2 lainnya. Jadi tidak perlu waktu dan tempat
khusus. Kalau warga melihat sesuatu yg janggal dg perilaku binatang, nah
tinggal diceritakan saja kepada petugas volkan tsb.

Tentunya perilaku binatang2 ini adalah pelengkap saja, membantu peralatan
yg lebih ilmiah yg memang disiapkan khusus utk gempa ini oleh petugas
volkan. Yg perlu dilakukan, bagaimana masyarakat/warga sekitar 'sadar' ttg
potensi bencana/gempa/gn-api dan kaitannya dg binatang2 di sekitarnya.

Banyak angkutan utk ke Roma, bukan?

salam,
syaifulo

                    "Rovicky Dwi

                    Putrohari"           To:     [EMAIL PROTECTED]

                    <[EMAIL PROTECTED]       cc:

                    mail.com>            Subject:     Re: [iagi-net-l] RE: Gunung
Bromo Meletus

                    06/14/04 11:11

                    PM

                    Please respond

                    to iagi-net

Memanfaatkan binatang utk mengetahui gejala alam merupakan cara primitif
yang sudah sering cenderung ke "mitos". Tentunya sudah akan sangat sulit
utk
dijadikan acuan ilmiah lagi.
Memang betul bahwa binatang mempunyai indera yg berbeda range frekuensinya
serta berbeda kemampuan sensitiftas (pendeteksian amplitude yg sangat
kecil).... Kata Kang Awang ESP ... tapi bukan electric submersible pump :)

Namun saat ini sebenernya sudah mulai banyak alat-alat yg lebih ilmiah yg
semestinya sudah mulai digunakan dalam menganalisa kejadian alam. Sudah
banyak alat yg mampu mendeteksi getaran-getaran lemah, frekuensei rendah,
magnetik lemah .... dsb .... Semua alat ini tentunya sangat diperlukan
untuk
keperluan "prediksi" .... ya kemampuan "meramal" kapan sebuah kejadian alam

akan terjadi. Hewan-hewan ini tidak mempunyai memory sehingga mereka
hanyalah akan bergerak (bereaksi ketika sebuah kejadian sudah sangat dekat
saatnya.... atau hampir terjadi. Dan yang lebih sering justru kalau kita
menunggu reaksi binatang2 ini maka yang terjadi adalah ... TERLAMBAT !! ...

too late !!

Jadi kalau memikirkan akan timbulnya bencana dengan mangamati binatang
malah
jadi lucu (coba kalau ngebayangin ada petugas volkanologi yang 'ndodok'
atau
jongkok dipinggir kandang mengamati kambing di lereng G Merapi ... upst !!
:) ....

Lah manungsa yg memiliki indera ke enam --> OTAK ... ini mestinya membuat
tahu lebih dulu ketimbang binatang2 ini, kan?. Jadi jangan menggantungkan
diri pada gejala binatang2 ini saja. Kemampuan predisksi dari "science" ini

mestinya lebih ditekankan ketimbang mengamati binatang liar ....

Jadi kalau ngeliat kambing2 itu sudah berlarian pada turun gunung kok
petugasnya tenang2 saja pasti ada yg ndak beres ...  alatnya rusak ....
gunungnya mau batuk-batuk  ... atau ....  kambingnya dikejar macan atau
ular
.... :))
anda tetep harus  ...... lariiii ......

RDP
Btw, bagi yang ingin melihat video meletusnya Bromo ini, anda dapat
download
di http://www.vsi.esdm.go.id/
Cuman filenya gede banget 30MB perlu sejam utk ngedownload ... :(

>From: Awang Satyana <[EMAIL PROTECTED]>
>
>Beberapa hewan punya kemampuan ESP (extra sensory perceptions) yang tak
>bisa kita dria sebab di luar batas indera kita. Burung2 bisa mendengar
>bunyi berfrekuensi sangat rendah (infrasound) yang dibangkitkan oleh low
>rumbling of earth tremors menjelang gempa atau erupsi gunungapi. Bunyi
>sangat rendah ini pun bisa didengarkan oleh gajah. Di kebun binatang
Tokyo,
> [...]

>tahulah bahwa gempa akan datang. Medan magnetik lokal di sekitar stressed
>rocks juga bisa mengakibatkan anomali magnetik yang oleh beberapa hewan
>bisa dideteksi.
>

>Salam,
>
>awang
>

>Tanda-tanda alam yang mungkin bisa membantu adalah, adanya
>binatang-binatang liar seperti ular, biawak migrasi ke tempat tertentu,
>misal mamasuki pemukiman yang tidak lajim terlihat sebelumnya. Tapi
>kadang-kadang hal ini susah terdeteksi, karena binatang liar juga sudah

Komisi Sedimentologi (FOSI) : F. Hasan Sidi([EMAIL PROTECTED])
-http://fosi.iagi.or.id

Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]),
Arif Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])