Rekan-rekan,

Saya mau share pengalaman saya minggu lalu menyelenggarakan acara Young Geologist
program untuk anak-anak umur 9-12 tahun. Acaranya:
1. Presentasi mengenai definisi geologi, terjadinya bumi, dlsb. 1 jam
2. Menyaksikan video Shell
3. Pergi ke Oil and Gas Development Centre (semacam museum perminyakan Taman
Mini/Museum Geologi Bandung) dan memberikan penjeleasan. Kami juga display microscope
petrography dan biostratigraphy.
4. Makan Siang
5. Buat aktivitas:
- puzzle Pangea dan menerangkan mengenai tektonik
- mengebor kue dengan sedotan dan menerangkan mengenai tujuan coring
- melakukan experimen jeruk nipis dan cuka untuk kerang, dan menerangkan proses
pelapukan
- mencetak fossil dengan malam kemudian buat cetakan dengan gips, dan menerangkan
terbentuknya fossil
6. Kami melakukan coring dengan pipa plastik di pantai.

Acara ini di hadiri oleh 30 orang anak-anak yang dibagi dalam 5 kelompok. Setiap
kelompok di bimbing oleh 2 geologist.

Mungkin rekan-rekan bisa buat di Jakarta dan Bandung, fasilitasnya sudah ada. Tinggal
waktu dan kemauan.

Salam,

Herman