Akhir pekan lalu aku jalan-jalan seputar Kuala Lumpur seperti biasanya. Kali ini aku jalan-jalan ke Mines Resort City, sebuah kawasan resort di tengah hiruk pikuknya kota Kuala Lumpur. Tempat ini dapat dicapai dengan kedaraan mobil kira-kira 20 menit dari kawasan KL City Centre.

Mines Resort City ini sangat unik, berupa danau yang cukup luas kira-kira 150 acre. Yang menarik danau yg cukup besar ini merupakan danau buatan manusia, ya danau bikinan manusia. Danau ini merupakan sisa tambang timah terbesar di Malaysia. Menurut beberapa informasi yang aku baca, danau ini sendiri saat ini merupakan sebuah danau terbesar buatan manusia yg merupakan sisa tambang terbuka.

Tambang ini terakhir dikelola Hong Fatt Mine. Lokasi tambang ini sendiri telah beroperasi selama lebih dari 500 tahun dan berhenti pada tahun 1982. Sejak berhentinya operasi pertambangan ini maka bekas tambang terbuka ini terisi oleh air hingga penuh dan berubah menjadi danau yg saat ini menjadi pusat rekreasi dengan bea masuk dewasa RM 25.00 dan anak anak RM 17.00. Dikelola oleh suatu badan swasta. Di lokasi yg seluas 1000 acre ini terdapat tujuh sarana umum yg disebut seven Wonders of Malaysia terdiri :
· Palace of the Golden Horses
· The Mines Resort & Golf club
· The Mines Beach Resort & Spa
· The Mines Shopping Fair
· Malaysia International Echibition & Showroom (M.I.N.E.S)
· The Mines Wonderland
· The Mines Waterfront Business Park

Beberapa lokasi bekas pertambangan di sekitar Kuala Lumpur ini banyak yang sudah menjadi taman wisata salah satu lainnya adalah Taman Desa Water Park, yang juga bekas tambang yg sudah menjadi tempat wisata.

Aku jadi inget dulu sudah sangat hafal setiap ada ujian akhir tenik tambang dan geologi ekonomi tentang reklamasi selalu saja danau rekreasi ini menjadi jawaban utama. Tapi setelah lulus saya kok hanya mendengar kasus pencemaran pertambangan kasus Buyat yg makin bundet. Entah kemana hilangnya hafalan itu.
Ah soal ujian sekolah memang selalu lebih mudah dari soal ujian hidup ....

hef e nais dey

Don’t just search. Find. Check out the new MSN Search! http://search.msn.click-url.com/go/onm00200636ave/direct/01/

--------------------------------------------------------------------- To unsubscribe, send email to: [EMAIL PROTECTED] Visit IAGI Website: http://iagi.or.id IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/ IAGI-net Archive 2: http://groups.yahoo.com/group/iagi Komisi Sedimentologi (FOSI) : F. Hasan Sidi([EMAIL PROTECTED])-http://fosi.iagi.or.id Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi([EMAIL PROTECTED]) Komisi Karst : Hanang Samodra([EMAIL PROTECTED]) Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo([EMAIL PROTECTED]) Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED]) Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono([EMAIL PROTECTED]) ---------------------------------------------------------------------