Lapangan ExxonMobil (dulu Mobil) di Indonesia
kebetulan semuanya karbonat (reef), di Aceh, Exxon
punya Arun dan lapangan2 yang lebih kecil disekitarnya
seperti NSOA, SLSA, SLSD dan PaseA.  Dari semuanya
hanya PaseA yang masuk dalam jenis fractured
reservoir.  Untuk yang bukan fractured, permodelannya
biasa2 saja, memang agak lebih sulit dibandingkan
klastik karena heterogeneity yang tinggi dan proses
diagenesa dari reef itu.  Untuk petrophysical analysis
juga berbeda dengan klastik, karbonat punya parameter
sendiri (a,m, n nya beda), jadi pembacaan porositynya
pun juga beda skalanya, kalau bacanya pakai skala
klastik bisa meleset sekian porosity unit.  Karena
kualitas seismiknya tidak bagus, maka waktu membuat
facies map hanya dengan mengandalkan konsep, cores dan
logs, coba sana coba sini akhirnya dapat satu model
yang paling representatif.

Yang repot adalah membuat model dari fractured
reservoir, karena tidak adanya reservoir parameter
data dari fractured zones, log tidak bisa baca dengan
akurat, yang terbaca adalah matrix porosity yang
reservoirnya sangat tight, hanya 2-3 persen, akhirnya
dicoba mengkalibrasi dari DST dan core, itupun
hasilnya kurang memuaskan karena ternyata volume dari
model jauh lebih kecil dibandingkan dengan kenyataan.
Untungnya (kata orang jawa) melesetnya ke arah
positif, jadi manajemen malah senang.  Sekarang sudah
bisa dibuat model dengan teknik dual porosity, 3D
seismik pun sudah bisa mendeteksi penyebaran
fractures.

Di Cepu (Banyu Urip, reef karbonat juga) kualitas
seismiknya cukup bagus, facies mapnya dicoba dibuat
dengan memakai data seismik, dari uji coba dengan
seismik yang lama, hasilnya cukup menjanjikan, dengan
seismik yang baru yang masih dalam proses diharapkan
hasilnya akan lebih bagus lagi.  Ini akan sangat
membantu karena disana hanya ada data dari 3 sumur
yang lokasinya berdekatan.

Mengenai penentuan Recovery Factor (RF) saya pikir itu
lebih banyak berhubungan dengan reservoir engineering,
geologist biasanya hanya support saja dengan informasi
geologi, meskipun di Arun, geologistnya cukup berperan
banyak dalam menaikkan RF, seperti ide2 lower zone
completion, horizontal well dsb, adalah initiatif dari
para production geologist. Sekarang Arun RF nya diatas
90%.  Angka 7758 dan 43560 (Bo dan Bg) adalah
shrinkage factor untuk minyak dan gas, yang biasa
dipakai dalam penghitungan volume di permukaan, karena
volume di subsurface berbeda dengan volume di
permukaan, dan yang kita jual adalah volume di
permukaan makanya perlu dimasukkan Bo atau Bg.

Arman

=== message truncated ===