From: Rovicky Dwi Putrohari [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 17 September 2004 10:56
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [iagi-net-l] Pindah Explorasi

Karena aku pikir banyak yg dapat memanfaatkan diskusiku ini, suratmu
aku fw ke milist ya, friend.

> Mas Vicky....
>
> ada plan saya akan dipindahkan ke eksplorasi...tapi saya bingung apa saja
> sih yang harus dimiliki oleh exploration geologist...? skill dan
> kemampuannya...?
> bisa tolong diberikan gambaran....
>
> Regards

Kalau basic knowledgenya ya akan sama saja, kan masih sebagai
geologist. "Skill and abilities" masih relatip sama saja.
Namun yg sering berbeda hanyalah "mind-set" ! Pada level detil operasi
nantinya anda akan merasakan sendiri perubahan serta perbedaanya.
"Mind set" yg bisa berubah-ubah ini bukannya sesuatu yg 'gifted or
nature', tetapi aku lebih berpihak pada pembelajaran (nurture) ...
Suatu saat anda kan mudah berubah "mind set"nya.

Okey sekarang kita lihat saja bagaimana seorang explorationist
berpikir dengan menggunakan geostatistik ... :)

Kalau anda belajar Geostatistik tentunya anda kenal dengan variogram.
Salah satu yg ditunjukkan dalam grafik sebuah Model Variogram  adalah
seberapa besar sebuah parameter akan mempengaruhi perkiraan kita
("variance") terhadap "jarak". Dalam grafik ini diperlihatkan
jarak-vs-variance.

Biasanya development geologist bermain masih dalam "range correlated
data", dia termasuk orang yg realistik (berdasarkan atas pengalamannya
selama ini). Dia akan berada di dalam jarak dimana sebuah variable
akan masih saling mempengaruhi nilai perkiraan. Anda akan
memperkirakan porosity berdasarkan sumur-sumur disekitarnya,
memperkirakan harga saturasi berdasarkan sumur sebelahnya.
Memperkirakan jenis lithology/reservoir dengan sumur yang ada
disebelahnya dsb ...

Sedangkan explorationist bermain diluar range correlated data.
Explorationist bahkan bermain diluar yg ada. Namun tentunya masih akan
ada pakem-pakem ilmiah yg mesti diikuti. Karena kita masih dalam
koridor berpikir ilmiah untuk bisa berkomunikasi, berbagi serta untuk
dapat menyampaikannya ke orang lain, boleh saja terhadap kolega,
kepada supervisor, manager atau bahkan share holder.

Seorang explorationist biasanya optimist atau super optimist.
Seringkali membuat perkiraan yg bukan hanya diambil dari data yg ada
disebelahnya. Namun bahkan kadang mengambil dari luar cekungan.

Jadi intinya seorang explorationist akan belajar :
- Bagaimana memperkirakan sesuatu yg kemungkinan tidak akan
dipengaruhi oleh segala sesuatu yg sudah pernah dipelajari.
- Bagaimana memperkirakan sesuatu yg berada diluar pengalaman selama ini ?
- Bagaimana memprediksi sesuatu yg belum pernah ada
- Bagaimana menemukan minyak, batubara, emas, timah dll yg sebelumnya belum ada.

bahasa kerenya "think out of the box", sesuatu yg mudah diucapkan
tetapi kadang aku sendiri salah ngerti dengan kalimat ini .. :)
hef e nais dey

Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]), Arif
Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])