Saya coba tambahkan sedikit.

Uji coba produksi yg lengkap biasanya digunakan untuk mengetahui berapa potensi
maksimum dari satu lapisan yang diperforasi (hanya satu lapisan lho..).
Selain itu, hasilnya bisa dipergunakan untuk mengetahui tingkat kerusakan di sekitar
wellbore (orang biasa menyebutnya dg 'skin' factor) dan indeks produktivitas reservoir
tsb (permeability dan thickness optimum).

Tapi ya itu tadi, butuh waktu lebih lama, sedangkan para ekonom tidak mau berlama-lama
mempermainkan sumur baru, meskipun informasi yg kita dapatkan bakal berguna. Kata
mereka sih, yg penting sumur ngalir dan banyak duit.
Itu saja.

Salam,
Hermawan
Secara umum, tergantung tujuannya uji coba produksi ada beberapa macam:

- yang terkait dengan program optimasi produksi artinya pada rate berapa minyak dapat
diproduksikan secara optimal (cth.: kalau sumurnya natural flow, pada bukaan/choke
berapa minyak dialirkan mis.nya: 16mm, 8mm, atau 4mm). Nah biasanya setiap bukaan itu
diuji sekitar 6 - 8 jam, kemudian dilihat GOR (Gas Oil Ratio) berapa, jadi yang
dipilih nanti adalah bukaan dengan GOR yang paling kecil. Kalau sumurnya perlu
artificial lift, tinggal lihat ratenya cocok pakai pompa angguk atau electrical
submersible pump (esp).
- yang terkait dengan pengukuran tekanan reservoar (cth.: pressure build up), ini agak
lama bisa sampai 2-3 hari, tergantung kapan tekanannya mulai stabil.

Jadi secara teknis kalau kita bicara lamanya uji produksi yang lengkap, kisaran
waktunya bisa 1 - 2 minggu. Namun berkaitan dengan kasus Sukowati, lamanya mungkin
lebih kepada masalah administratif. Sedangkan kapannya ya pada saat kita akan
memproduksikan sumur / lapisan baru.

Darwin