Rekan2 geoscientist,

Ada yang bisa memberikan pencerahan mengenai Controlled Source
ElectroMagnetics (CSEM)?  Konon teknologi ini diperkenalkan oleh Scripps
sekitar tahun 1980an, lalu oleh StatOil dan terakhir dikembangkan lagi oleh
Exxon di awal tahun 2000.  Alat ini seperti Magneto Telluric tetapi instead
of melihat anomali conduktivity, metoda ini mencari anomali resistivity.
Begitulah kira2.

Mungkin ada rekan2 yang pernah membaca atau mempunyai pengalaman mengenai
hal ini?  Beberapa concern yang saya punya adalah metoda ini bukan direct
hydrocarbon finder, juga tidak menunjukkan rock type, dan juga hanya
memberi tahu resistivity information.  Jadi kira:

a).  Di dalam stage explorasi hidrokarbon, kalau saya mau run tool ini,
seberapa efektif?
b). Ada tool lain yang musti di run bersama-sama dengan CSEM?
c). Ada yang tahu case study yang success mengenai hal ini?
d).  Seberapa dalam/detil alat ini bisa mendeteksi?
e).  Concern saya adalah kalau ada coal, tentunya kalau environmentnya yang
coaly agak susah ya.
f). Any reference paper?

dan masih banyak lagi pertanyaan2 yang mungkin akan ditanyakan dalam babak
berikutnya.

Terimakasih banyak,

Parvita H. Siregar
Geologist-ENI Indonesia