Saya kebetulan baru publikasi sebuah paper tentang RMKS
(Rembang-Madura-Kangean-Sakala) Fault di PIT 33 IAGI kemarin di Bandung :
"Rembang-Madura-Kangean-Sakala (RMKS) Fault Zone, East Java Basin : the Origin
and Nature of a Geologic Border" (Satyana, Erwanto, Prasetyadi, 2004). Papernya
bisa ditemukan di CD yang diberikan di PIT tersebut, atau kalau perlu bisa saya
e-mail-kan soft file-nya.

Apa yang spesifik mau diketahui ? Kalau geologi regionalnya, memang paper itu
berbicara hal-hal regional dan bukan detail struktur geologi (walaupun yang
regional tentu disusun dari yang detail). RMKS (saya menambahkan "S" (Sakala)
kepada RMK - yang telah banyak diketahui orang, dengan alasan bahwa Sakala
masih merupakan kelanjutan dari RMK dan secara geografis tidak dapat hanya
diwakili oleh Kangean saja, kemudian secara style dan intensitas deformasi
menunjukkan perbedaan dengan Kangean) adalah sebuah sesar besar strike-slip
dengan gerak sinistral. Structural style dan asal-muasal terbentuknya sesar
tersebut dibahas di paper itu.

Di daerah Blora, RMKS FZ (fault zone) sudah mendekati ujung baratnya dan agak
berbelok ke arah baratdaya dari trend utamanya yang barat-timur. Ini disebabkan
di wilayah ini, secara basement geology, fault trace RMKS yang mendeformasi
basement juga (sebagaimana layaknya strike-slip fault yang besar) berbenturan
dengan structural grain yang lain yang lebih tua dan masif kelihatannya, yaitu
Karimunjawa Arch dengan trend struktur BD-TL. Di daerah Blora, tepatnya di
selatan Pegunungan Kapur Utara (wilayah Wirosari-Ngawen-Jepon), RMKS
menenggelamkan wilayah di selatan RMKS FZ, sehingga efek-efek diapir umum
dijumpai di wilayah ini. Beberapa diapir membawa rembesan gas dan minyak ke
permukaan, bercampur dengan gunung lumpur yang tersesarkan splay dari RMKS,
menjadi sumber api "abadi", salah satunya adalah api abadi Mrapen itu di
sekitar Purwodadi.

Kalau ada data seismik yang arahnya utara-selatan di wilayah ini, bisa dengan
mudah dilihat bahwa semua bagian utaranya dipotong zone free-reflector, itulah
diapir yang berasosiasi dengan strike-slip fault yang merupakan splay dari RMKS
FZ.

Barangkali, itu dulu infonya.

Salam,
awang

Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>From FAQ IAGI -WEB

=========
Nama Saya Heru, gea2000, saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai
struktur geologi daerah Ngampel, Blora - JaTeng, saya kewalahan
mencari literatur mengenai struktur reginal, khususnya mengenai sesar
sakala (RMS) adakah yang bisa membantu ?
terima kasih sebelumnya.
=========

admin

Komisi Sedimentologi (FOSI) : Deddy Sebayang([EMAIL
PROTECTED])-http://fosi.iagi.or.id
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]),
Arif Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])