kalau mnrt saya banyak G&G yang menjadi TKI (Tenaga Kerja Intelek) ke
negeri jiran,
tentunya  karena oppurtunity dan challenge yang lbh baik dari sini ...
setau saya oil co. yang skrg berada di jkt kebanyakan memp. field2 yg sudah
mature .....

                      Rovicky Dwi

                      Putrohari                To:       iagi-net@iagi.or.id

                      <[EMAIL PROTECTED]

                      m>                       cc:

                      02/18/2005 07:14         Subject:  [iagi-net-l] Sharing
info suka dan info duka (the
                      AM                        untold story) --> Re:
[iagi-net-l] Brain Drain
                      Please respond to

                      iagi-net

Friend,

Sebenernya banyak UNTOLD STORY yg tidak pernah dicritakan temen-temen
di KL sini.
Suka-duka dimana saja selalu saja ada. Tapi siapa sih peduli dengan
dukanya ? kita pasti terkesima dengan sukanya. Bahkan mungkin kalai
TKI (tenaga kerja intelek ini) bahkan akan memiliki rasa malu kalau
bercerita ttg duka disini.

Lah piye wong wektu ke LN dengan mantab je ...

"Sharing info", baik info suka maupun info duka ini yg menurut saya
paling memprihatinkan diantara kita ini. Kalau kita punya hal yg
menyenangkan kita susah berbagi dengan temen lain. Bahkan Herman
Darman pernah crita, banyak yg ngga suka liat temen seneng. Dimana
secara tidak langsung kita juga enggan untuk crita kesulitan atau
kesusahan akibat perlakuan ini karena takut dilihat temen lain
seolah-olah kita gagal. Apalagi TK Intelek ini, mereka akan lebih
tertutup lagi.

Contoh kongkrit adalah soal gaji.
Seperti yg disitir oleh Shofi, bahwa aku membuka siapa saja yg mau
berbagi info gaji ternyata hanya sedikit yg mau membagi info ini. Dan
Tahukah akibatnya, Nilai tawaran kontrak temen-temen di KL sekarang
langsung dievaluasi !! Ini diakibatkan oleh karena kita tidak saling
tahu perkiraan "pasar sendiri".

Akhirnya employer selalu menggunakan nilai terkecil yg ada sebagai
penawaran. Dan karena ini sudah diatas gaji di Indonesia, maka banyak
yg hengkang dr Indonesia hanya akibat "salah hitung". Bahwa yg namanya
pegawe kontrak itu hanya gajian 12 kali, sedangkan pegawe tetap itu
14-16 kali (plus bonus bonus).

Tapi karena sudah terlanjur disini ... apa ya mbalik ?
Malu lah yaw !!

Nah kemaluan inilah yg akhirnya dimanfaatkan oleh employer utk
bermain-main.

Its real !
Kalu mau crita detil silahkan japri saja ... its too sensitive
hef e nais whik en

RDP
"jelas pingin mulih !"

On Fri, 18 Feb 2005 07:14:21 +0800, imanuel w pranoto
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Hmm, mohon maaf ini OOT.
> Sekedar merenung menatap paradoks nasib ratusan ribu saudara2 kita TKI
> di negara
>  yang sama, Malaysia, yang katanya lebih tepat dijuluki Pahlawan
> Devisa, tapi nasibnya amat merana.
>
> "Muscle Drain", barangkali itu terminologinya (atau "Soul Drain"?). Ada
> yang mati, diperkosa, dipenjara, dianiaya ... Terakhir, boro-boro terima
> ribuan dolar, malahan tidak dibayar majikan dan dideportasi pulang.
>
> Sekali lagi maaf OOT -- sekedar merenung.
>
> Rovicky Dwi Putrohari bertutur pada 2/17/2005 6:59 AM:

USD.

Komisi Sedimentologi (FOSI) : Deddy
Sebayang([EMAIL PROTECTED])-http://fosi.iagi.or.id
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin([EMAIL PROTECTED] atau [EMAIL PROTECTED]),
Arif Zardi Dahlius([EMAIL PROTECTED])