Beberapa poin yang dinyatakan IAGI Pengda Jabar-Banten dalam penjelasan tentang
Bandung Utara kepada publik tempo hari a.l :

1. Secara hidrogeologi, daerah Punclut dialasi oleh Formasi Cikapundung yang
berupa Breksi dan Lava yang sifatnya pejal dan sangat sedikit mengandung
porositas, sehingga dianggap bukan merupakan recharge area yang bagus untuk air
tanah regional.

2. Tidak ada rekomendasi yang dikeluarkan oleh IAGI Jabar-Banten mengenai
"bisa-tidak"nya kawasan itu dipakai daerah pemukiman; yang ada kesimpulan hasil
diskusi yang menyatakan daerah tersebut bukan daerah recharge area yang bagus.

3. Prinsip dasar saintifik yang dipegang oleh professional IAGI, termasuk
kawan-kawan IAGI Jabar-Banten: "tell the scientific truth" walaupun sakit dan
bertentangan dengan pendapat umum.

Barangkali Bang Lambok bisa memberikan penjelasan lebih banyak tentang Bandung
Utara.

ar-

"O.K Taufik" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:jadi nyambung ke perumahan di bandung
utara, sebenarnya saat ini lagi rame-ramenya izin peruntukan perumahan di
Bandung Utara, Punclut, dago Pakar dan sekitarnya, khusus untuk punclut ada
tark menarik kepentingan antara Pemda jabar dan Pemkot bandung, pemkot
beralasan mereka tak punya dana untuk penghijauan utara bandung..jadinya
diserahkanlah ke pengusaha untuk kawasan wisata yg hijau sebagai rencana
reboisasi, kawasan wisata??? atau perumahan??, biasanya mereka akan ubah aturan
jadi kawasan perumahan..lihatlah apa yg terjadi di dago Pakar resort, habis
sudah lahan hijau untuk perumahan. Bapak-bapak dari DGTL sudah mengingatkan
bahwa potensi air untuk bandung dan sekitarnya 80% ada di kawasan utara
tersebut..tetap saja masukan dari para ahli geologi dan protes para moralis tak
digubris, dan pengerjaan proyek tersebut berjalan terus, mumpung momentnya ada
sebaiknya kita bisa lebih gencar mendesak pemkot untuk memperhatikan aspek geolo
 gi bagi
 pembangunan kawasan.