From: sunjaya eka saputra [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 28 February 2005 12:32
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Berebut Minyak --> RI Akan Pertahankan
Kedaulatan di Ambalat

Sebagai informasi :

1. ada mercu suar di sekitar ambalat yang milik NKRI

2. Indonesia lebih dahulu melakukan aktifitas
eksplorasi di daerah yang dipersengketakan, blok
ambalat ditandatangi pada september 1999 antara
pertamina dan ambalat shell B.V, yang kemudain
menjualnya kepada Lasmo (sekarang ENI), kegiatan
eksplorasinya berupa pemboran 1 sumur, dan survei
seismik,
Kemudian blok east ambalat pada desember 2004 antara
BPMIGAs dengan Unocal Eas Ambalat Ltd.
Sedangkan Malaysia baru pada tanggal 16 Februari 2005
menandatangani blok ND6 dan ND7 anatara petronas
dengan SHELL malaysia dan petronas carigali, kedua
blok tersbeut berada diwilayah NKRI dan mencaplok 50%
WK Blok Ambalat dan 80% WK Blok East Amabalat.

3. pada tahun 2003, petronas memerintahkan veritas
geophysical melakukan survei seismik di daerah yang
dipersengketakan. Atas aksi tersebut, BPMIGAS, Dep
ESDM telah memberitahukan masalah ini kepada pihak
deplu indonesia.

4. setelah hal tersabut, issue ini diangkat di join
commite meeting ke-8  (tahun 2003)antara indonesia dan
malaysia yang dilanjutkan dengan pertemuan tingkat
staff senior indonesia dan malaysia (JULI 2004). namun
kedua pertemuan tersebut belum menyepakati batas
wilayah.

5. pihak indonesia telah mengirimkan surat protes
keras terhadap penandatangan blok ND6 dan ND7, dan
saat ini terus dilakukan pertemuan2 intensif antara
deplu, dephankam, dep. esdm, dan bpmigas mengenai hal
terseBut.
Kapal perang AL Indonesia juga telah diberangkatkan
minggu lalu ke wilayah tersebut untuk menyeimbangkan
dengan hadirnya kapal AL. Malaysia diwilayah tersebut.

Mudah2an kapal perang kita ga terlalu tua untuk
melawan AL. Malaysia.

Selain ambalat, juga masih ada masalah yang sama di
laut natuna, lagi-lagi Malaysia akan mengajukan alasan
Landas Kontinen.

** kebetulan saya sempat menguping strategi petronas
di laut sulawesi dan laut natuna dan sedikit terlibat
di kedua belah sisi mengenai masalah ini.

best regards
Ujay

Sebayang([EMAIL PROTECTED])-http://fosi.iagi.or.id
> Samodra([EMAIL PROTECTED])
> Djamaluddin([EMAIL PROTECTED]

> Yahoo! Sports - Sign up for Fantasy Baseball.
> http://baseball.fantasysports.yahoo.com/

=== message truncated ===