Sahabat,

Memang bisa dimaklumi kesulitan mendapatkan data G&G
untuk keperluan "di luar" internal kegiatan kantor.
Bila untuk publikasi di kegiatan ilmiah, seperti HAGI,
IAGI, IPA dst juga harus seizin kantor dan partnernya.
Untuk menulis tesispun ada "confidential agreement"
yang harus ditandatangani terlebih dahulu. Belum lagi
bila data tsb masih dalam kategori "tertutup" oleh
company tsb. Maklum menyangkut rahasia reserves dan
strategi bisnis-nya.

Setahu saja ada beberapa data set yang relatif lengkap
(dari universitas luar negri) dapat dipakai di
kegiatan universitas dalam negri. Ini saya gunakan
waktu menyelesaikan S2 saya di Geofisika Reservoar UI.
Karena pertimbangan inilah saya mendapatkan dan
menganalisis data seismik, well dll dari daerah luar
negri dalam studi tesis saya tahun lalu. Namun tetap
saja ini untuk keperluan akademik dan pelajaran bagi
diri saya sendiri.

Data yang available / open (dapat dibeli) adalah data
di Patra Nusa Data (PND). Namun jangan berharap sudah
"ready to use", karena kita harus QC kelengkapan data
fisik dan kualitas isi data tersebut. Belum lagi harus
hati-hati di data navigasinya. Ini terutama data
seismik di mana untuk satu daerah sangat mungkin
terjadi beda map projection dan spheroid-nya. Setelah
itu harus ada izin untuk membelinya.

Yang paling gampang mendapatkannya adalah membuat data
sintetik. Terutama bila kita mau membuat Psedo Sonic
log, salah satu contohnya. Ini paling gampang
dilakukan namun untuk lebih akurat harus ada komparasi
dengan data real.

NB :
Buat Mas Bambang sudah cukup photo Goin' Country-nya?
dan salam buat kawan saya Jeffrey Gunawan di Brunei.
Buat Mas Syaiful dan Shofi, sampai ketemu di KA
Express lagi.

Sekian dulu dan salam buat semua.

TAM

--- "Gumilar, Bambang BSP-EPE/41"