Saran saya coba baca juga buku-bukunya Robert T.Kiyosaki (diantaranya
"Rich Dad, Poor Dad) mungkin bisa membantu menemukan jawaban...kenapa
anakku tidak boleh jadi geologist....

Djoko Rusdianto

Taufik Manan <[EMAIL PROTECTED]>
03/03/2005 08:48 AM
Please respond to iagi-net

        To:     iagi-net@iagi.or.id
        cc:
        Subject:        RE: [iagi-net-l] OOT - Anakku ngeyel dan kenapa tidak
boleh jadi
Geologist?

Beberapa Universitas / Institut di Indonesia menerima
mahasiswa baru dengan beberapa jalur, sbb.

1. Diterima tanpa ikut test SPMB
   tapi "mampu" membayar sejumlah biaya.
   Target memang untuk anak pintar dari kalangan yang
mampu. Ini dalam rangka subsidi silang dan konsekuensi
badan hukum Uni / Institut tsb, untuk membiayai
kegiatan akademiknya.

2. Diterima tanpa ikut test SPMB
   tapi mempunyai kemampuan akademik yang tinggi.
   Target anak pintar dari keluarga tidak mampu. Dulu
sistem seperti ini adalah PP2 dan PMDK.

3. Diterima melalui test SPMB.
   Ini yang umum untuk seleksi mahasiswa baru yang
sentralisasi. Namun kini biaya akademik dari
Universitas negeri dan swasta tidak jauh berbeda,
mungkin subsidi dari pemerintah sudah dicabut (jadi
mirip dengan subsidi BBM).

Jadi bisa dimengerti cerita dari Bung RDP dan masuk
kategori apa anaknya. Selamat ya semoga bisa memenuhi
keinginan orang tuanya ..."Yo wis lah, jadio anak yang
pinter yg berguna buat bangsamu le ..."

Tapi ada yang perlu ditanyakan ke Bung RDP, kenapa
Bapaknya tidak ingin anaknya jadi Geologist?

Mungkin kita minta pencerahan dari Beliau.
Apa prospeknya tidak cerah lagi atau ada hal lain ?
Silakan dijawab ?

Salam buat semua.

TAM

--- "Sudana, Surya" <[EMAIL PROTECTED]>