From: mohamad untung [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, April 01, 2005 3:49 PM
To: iagi-net@iagi.or.id; Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI)
Subject: Re: [iagi-net-l] Coming Next : Gempa Mentawai :
Siberut-Sipora-Pagai (???!!!)

Merujuk kepada ungkapan Pak Danny dan Pak Kusuma, saya ingin sedikit
menambahkan. GPS mengukur gerak-gerak ke arah datar, bukan mengetahui
apa
yang ada di bawah permukaan. Pengamatan GPS yang berkesinambung
(continuous)
dapat mengetahui kapan lempeng terganjel atau terbendung oleh kerikil.
Kalau
kerikilnya kecil ya gilas saja tapi kalau besar ya terganjel.
Jadi harus benar-benar dipantau gerak-gerak  mendatar dari ukuran GPS.
Hasil
pengamatan lapangan GPS harus benar-benar di tapis (filter) mana yang
bisingan (noise) mana yang signal. Pada waktu terganjel gerak mendatar
berhenti atau mengendor kecepatannya dan kegempaan naik artinya
sismograf
menunjukkan gejala ini. La berapa dalam dari permukaan tanah dan berapa
besar kerikil itu. Tentu GPS tidak bisa tahu. Lempeng-lempeng itu sangat
magnetik, tetapi kerikil yang menganjel diharapkan lebih magnetik. Pada
peta
magnet terbitan EOS vol.86, no. 10, 8 Maret 2005, AGU (tolong dilihat
terbitan ini. Kalau tidak punya saya ada. Bisa saya copi ).
Daerah-daerah di
mana terdapat kedalaman magnet dangkal di situlah  hiposenter berasal
artinya terdapat banyak kerikil.
Wassalam,
M. Untung