WDCS

  Rekan rekan

  Persoalan Cepu ( yang merupakan daerah WKP Pertamina) ,dioperasikan
  oleh Exxon Mobil (setelah berpindah operator dari Humpus Patra Gas
  ke Ampolex dan kemudian Mobil ,yang kemudian menjadi Exxon Mobil)
  Pengoperasikan WKP Cepu ini dalam bentuk Technical Assistance Contract,
  dimana pada saat awal kontrak , kita maklum sesuai jaman adalah kehendak
  sang Penguasa, sehingga kontrak-pun agk menjadi istimewa.
  Exxon Mobil yang mengclaim telah menemukan telah menemukan cadangan ,
  telah meminta perpanjangan kontrak , yang sebenarnya tidak ada keharusan
  dalam kontraknya sendiri.
  Pertamina pada dasarnya tidak menginginkan perpanjangan kontrak dengan
  berbagai alasan al. biaya yang sangat besar (di mark up) yang diclaim
  oleh Exxon Mobil.
  Dengan intervensui yang sangat kasat mata Pemerintah AS telah melakukan
  manuver manuver tpolitik tingkat tinggi untuk memenangkan tuntutannya,
  dan juga memaksakan agar bagian dari Pertamina ( sebagai pemilik lahan
  menjadi lebih kecil).

  Saat ini "negosiasi" sudah hampir final (katanya) , apakah akan memberikan
  keuntungan maksimum pada Indonesia dan Pertamina , saya kok kurang yakin.

  Sebagai warganegara yang peduli dengan ketahanan dan pertahanan , rekan
  ahli geologi mencoba melihat persoalannya dari berbagai segi , mengharap-
  kan adanya "transparancy".
  Untuk itulah seminar sdibawah ini diadakan dengan pembicara Prof.DR. R.
  Koesoemadinata (ahli geologi , Guru Besar ITB), yang juga pemain dalam
  industri migas, dan KKG seorang nasionalis keturunan China , serta pembi-
  cara lainnnya.

  Hal ini tentunya tidak terlepas dari tujuan IAGI untuk memberikan
  penjelasan posisi yang "benar" dalam kasus perpanjangan kontrak Cepu
  diatas.

  Ketahanan nasional tidak akan pernah terlepas dari ketahanan  kita untuk
  memberdayakan SDA yang kita miliki secara maksimal.

  Karena itu rekan rekan Corps Menwa tentunya sangat welcome untuk hadir.

  Yanto R Sumantri / III

  Mark your agenda!!!