From: [EMAIL PROTECTED]
[mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 08 June 2005 10:00
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: [iagi-net-l] Re: Publish Paper (was:Stratigraphic evolution of
Oligocene ?Miocene carbonates and siliciclastics, East Java basin,
Indonesia)

Kelihatannya kok kita selalu kalah cepat, dari berbagai diskusi yang saya
amati disini. Dari soal manusia Flores,
Cepu discovery, dan sekarang tentang East Java Basin. Mungkin pada
malu-malu publish paper ya ??

Karena itulah maka saya ngotot mempublish apa aja yang saya kerjakan di KL
sini, biarpun menurut saya kwalitas 'paper'nya
amat amburadul, karena saya tidak mau kalau kontribusi orang Indonesia
dalam Field Development di Malaysia, yang
katanya adalah 'the fastest field development plan' yang memecahkan
"Malaysian Record", hilang begitu saja. Kalau
ada istilahnya adalah 'writing paper while drilling' kali ya ?, karena
selama dua tahun disini saya drilled 50 lobang sendirian aja,
tapi saya coba untuk publish '3 papers', dua di Geological Society of
Malaysia dan satu di SPE (waktu itu di Perth). Karena saya
berpacu dengan waktu kontrak saya, soalnya kalau tidak pasti nggak ada satu
namapun orang Indonesia yang diingat. Selesai
kontrak pasti hanya 'Thanks for your service' dan habis itu pasti "gone
with the wind"..........
Seperti kata pak Awang Publish or Perish.............
Saya hanya berpikir, walaupun amburadul, tapi nama orang Indonesia sudah
melekat di salah satu field yang kononnya memecahkan
record Malaysia. Mengenai sasaran atau tidak ? Hanya waktu yang akan
mengatakan, yang penting saya sudah berusaha. Walaupun
mungkin kontribusinya sangat kueciiil sekali, tapi paling tidak semoga
orang ingat, kalau Indonesia tidak hanya pembantu dan tukang bangunan.

Mungkin ada baiknya untuk 'paper-paper' IAGI, terutama buat yang bekerja
dgn perusahaan asing, selalu dalam bahasa Inggris. Dan PIT IAGI,
'flyer'nya di publikasikan di IPA bulletin, Jakarta post, kalau bisa malah
di AAPG Explorer. Biar banyak orang bule tahu, kalau ada PIT IAGI dan
IAGI-nya
sendiri.

Salam,

                      "R.P.

                      Koesoemadinata"          To:       <iagi-net@iagi.or.id>

                      <[EMAIL PROTECTED]        cc:

                      et.id>                   Subject:  Re: [iagi-net-l] Re:
Stratigraphic evolution of Oligocene ?Miocene carbonates
                                                and siliciclastics, East Java
basin, Indonesia
                      06/07/2005 06:21

                      PM

                      Please respond to

                      iagi-net

Sebetulnya maksud izin penelitian oleh pihak luarnegeri itu dari LIPI
mendorong supaya adanya kerjasama dengan institusi dalam negeri, seperti
perguruan tinggi. Dalam prakteknya sering institusi dalam negeri itu hanya
mengirimkan stafnya praktis jadi guide saja (tidak punya inisiatif), dan
perguruan tinggi itu praktis bertindak sebagai travel biro yang mengurus
perizinan, bahkan menurut cerita si partner dalam negeri itu sering engga
mau ikut ke lapangan, tinggal di Jakarta saja. Cerita ini bukan penelitian
dalam bidang geoscience, tetapi dari seseorang yang menekuni kantung semar
di Kalimantan, di mana untuk membiayainya dia nabung uang sendiri, atau
dapat grant dari National Geographic.
Wassalam
RPK