Satuan "' ppm" biasanya untuk endapan emas primer. Untuk emas sekunder/
plaser biasanya  berat emas/volume pasir lepas ( mg/cu m ). Saya khawatir
kasus ini, pasir lepas didulang ( pan concentrate samples ), kemudian
konsentratnya dianalisa kimia dan keluarlah satuan ppm.

Kalau ini endapan primer secara umum kadar 2,06 ppm termasuk rendah ( kalo
dari pan con , artinya jauh lebih rendah lagi ), sehingga tonnage harus
besar u/ mengimbanginya supaya dapat total metal content yang memadai (
katakanlah 15 ton/500 ribu oz Au). 760 ribu ton rasanya terlalu kecil. 10 x
lipatnya ( 7,5 ton ) baru bisa dilirik. Tetapi faktor lain juga tentunya
harus dipertimbangkan ( mineralogi, metalurgy dll ), termasuk skala besaran
perusahaan anda.

Kalo itu endapan aluvial, asalkan av grade min 300 mg Au/cu-m sudah bisa
coba-coba dilirik ( cut off bisa diraba sendiri ), tinggal volumenya saja
dihitung untuk mendapatkan total metal content diatas ( atau 1/2 nya ).
Tinggal skala operasinya diperhitungkan, mengingat ini sensitif terhadap
sebaran bouldernya. Statistik saja, usaha ini belum pernah / jarang berhasil
dengan skala usaha yang besar ( model perusahaan ). Tetapi dengan skala
pertambangan rakyat malah cocok.

Dengan alasan diatas, saya sendiri punya preference tipe endapan emas
aluvial ini biar dicadangkan untuk pertambangan rakyat ( IPR : Izin
Pertambangan Rakyat  di RUU Pertambangan Mineral dan Batubara ).

Terimakasih dan Wass
sdw