From: oki musakti [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, July 21, 2005 2:53 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Gaji geologiwan yunior

Beragam, kebanyakan berdasarkan sektor usaha.
Yang bisa masuk perusahaan minyak yang besar memang bisa dapat diatas 5
juta.
Yang masuk perbankan, bisa2 cuma dapat 1,2 juta (bahkan didaerah ada
yang 900 ribu sedikit diatas UMR yang 600 ribu an).

Kembali ke pertanyaan awal pak Edi soal bagaimana menjawab pertanyaan
soal berapa gaji yang diminta. Dari cerita dari orang yang kerjanya
memang menginterview calon pegawai (serta pengalaman pribadi) ,
pertanyaan model begini memang agak tricky alias menjebak.
Jawaban yang paling aman adalah yang semacam

' tentunya perusahaan ini punya standar gaji'
atau
'bagaimana kalau kita tunda dulu diskusi soal gaji sampai tahap seleksi
berikutnya'
atau
' ini yang saya tawarkan, sekarang bapak mau tawar saya berapa' ... he
he he sombong sekalian

Kalau memang terus dipaksa menyebut angka dan kitasudah nggak bisa
menghindar baru kita keluarkan jurus 'Saya dapat informasi bahwa teman
saya dengan kualifikasi sejenis diperusahaan lain mendapat gaji sekian,
jadi saya berharap mendapat sekitar itu'.  Sekali lagi ini hanya kalau
terpaksa nggak bisa berkelit lagi.

Dalam 4 kali wawancara sebagai fresh grad ditambah beberapa kali
interview mid-career, saya belum pernah sekalipun berada dalam situasi
harus menyebut angka.....jadi kelihatannya memang tidak harus
dijawab....

Salam
Oki

OK Taufik <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Sepengatuhuan saya di bawah 10 jt pak, memang agak beragam 1 company
dengan lainnya, tapi selisihnya tipis. Kalau bisa suruh usaha saja
pak, tak usah kerja ke company...hanya usul sih.

On 20/07/05, Eddy Subroto wrote:

> Teman-teman di IAGI,
>
> Sebagai pengajar saya sering ditanya geologiwan yang baru lulus dan
sedang mencari pekerjaan. Salah satu pertanyaan yang umum (terutama di
perusahaan swasta (nasional/asing) adalah berapa gaji yang diinginkan?
Nah jika ada yang bertanya seperti itu, saya sukar menjawab karena saya
tidak tahu "pasaran" gaji bagi geologiwan muda/yunior (fresh graduate).

http://uk.messenger.yahoo.com

--
OK TAUFIK

Komisi Sedimentologi (FOSI) : Ratna Asharina
(Ratna.Asharina[at]santos.com)-http://fosi.iagi.or.id
Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau
[EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)