<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bukankah pemakaian energi harusnya seimbang dengan produktivitas....?
> boleh saja energi terpakai besar tapi produktivitas harus tinggi---> bisa
> dengan parameter export / pendapatan non migas..
> sedang kalau pemakaian energi tinggi dan produktivitas enggak ada (cuma
> dipakai hura- hura dan pesta - pesta ) ya itu yang namanya pemborosan...

Untuk "current state condition" betul bahwa pemanfaatan energi atau
hemat energi dihubungkan dengan "efisiensi". Persis yg ditulis Mas
ISmail dan Ferdi diatas. Saya setuju sekali.

But in the long run .... apa yg ditulis Pak Koesoema serta imil yg
saya fw ttg global energy itu menjadikan sesuatu yg harus dibayarkan
dimasa mendatang.

Pemasalahannya pada "present/current state condition" ini terjadi
ketimpangan. Baik antara barat dan timur maupun utara dengan selatan,
juga ketimpangan yg kaya-miskin di negeri sendiri. Ini sebuah
ketimpangan yg juga harus dipikirkan tidak hanya soal efisiensi dan
pemerataan pada saat ini saja.