sekedar uneg-uneg..
saya melihat bahwa pola pikir kita termasuk geologist masih sangat mematok
ke luar. agak kecewa saja, karena pas lagi hut RI tapi yg diceritakan hanya
luar negeri terus. VIVA LUAR NEGERI.
 1. "Andesit menjadi barang mewah dan langka di *Alaska* yg tertutup es"

2. "Di *luar*, kita mengambil batu dari pantai saja (umpamanya boulder,
karena
structur sedimentnya bagus)..Di Padalarang saja, singkapan batu gamping yang
sangat bagus,
kapan-kapan akan banyak yang hilang.."

3. "Saya teringat sewaktu ikut geological field trip di *Australia..*mengambil
batuan
yang sudah pecah. Mereka sangat menjaga singkapan-2"

4. "Jadi teringat sewaktu ikut field trip di *west texas*, ada sebongkah
batuan
batu pasir yang dikemas rapi, dengan label.."

5. "Tetapi, di NASA* Houston*, di toko cendera matanya, dijual fosil
trilobit dengan harga 3.5 USD atau tektit - deposit kejut hasil benturan
meteorit dengan Bumi - dijual dengan harga 2.0 USD.

Atau, di Vernal, *Utah*, di Dinosaur National Monument, di toko cendera
matanya dijual gigi dinasurus.

Atau, di pelataran Opera House *Sydney*, dijual batu-batu polesan rapih
sebesar piring bundar kecil dengan mineral2..
 Waktu field trip di Green River Formation di *California*, ingin sekali
mengambil sampel oil shale Green River Formation yang terkenal itu (kita
juga punya : Sangkarewang di Ombilin)..

Teman saya, yang baru pulang dari fieldtrip ke *Canadian
Rockies*menghadiahi saya siltstone dengan parallel lamination, itu
diambilnya dari
pecahan batuan yang terserak di sekitarnya.

Waktu jalan2 ke *Cina*, saya juga mengambil sampel batuan metamorf di dasar
Great Wall, itu metamorf hasil orogeny Thay San, di Middle Jurassic.
 Saat di *Xi-An*, di terracota (puluhan prajurit tanah liat), saya juga
mengambil sampel tanah merah itu yang khas loess deposits. Itu pun serakan
tanah gemburannya.

Atau, waktu di *Stavenger, Norwegia*, saya ambil sampel batuan metamorf
filit dan sekis, yang juga penyusun fjord2 di wilayah Scandinavia, juga
serakan2 batuannya"

Kirim email ke