Selain point 1,2,3 dari mas Shofi tsb, secara umum ( bbrp diluar geological
ops, dan saya pikir penting untuk di-share ), bisa ditambahkan tentang :
1. Peralatan/perlengkapan standard untuk bekerja di lapangan (safety shoes
dll)
2. Perlunya pelatihan HUET/sea survival/fire fighting sblm ybs melakukan
pekerjaan di lapangan.
3. Pelatihan selama di rig, misal lokasi life boat, lokasi muster point
dll.
4. Permasalahan H2S
5. Penggunaan stop-card/JSA di lapangan.
6. Medical check up sebelum kelapangan
7. Sharing istilah2 yang biasa dilakukan di rig, misal radio silence, fire
drill dll.
8. Tata cara pengambilan/permbukaan fluid sample/chamber MDT di lapangan.
9. Core handling job ( loading core barrel, pemotongan, foaming, packing
dll )
10. Type of mud yang digunakan, apa risknya dll...
11. Adakah explosive material yang dipakai oleh wireline company ( misal
untuk SWC )

mungkin ada yang menambahkan...

Adi T

|---------+--------------------------->
|         |           Shofiyuddin     |
|         |           <[EMAIL PROTECTED]|
|         |           il.com>         |
|         |                           |
|         |           18/08/2005 08:10|
|         |           AM              |
|         |           Please respond  |
|         |           to iagi-net     |
|         |                           |
|---------+--------------------------->

>------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|
  |

  |        To:      iagi-net@iagi.or.id
                                                 |
  |        cc:
                                                 |
  |        Subject: [iagi-net-l] Need Input : HSE untuk Geological Operation
                                                 |

>------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------|

rekans IAGI,
Saya diminta manajemen disini untuk memberikan presentasi HSE yang
berkaitan
dengan Geological Operation di forum Exploration. Barangkali ada teman yang
terbiasa dengan tema ini dan sudi memberikan masukan. Terus terang saya gak
begitu familiar dengan yang kayak begini, tapi posisi saya gak bisa menolak
permintaan ini. Untuk itu saya ingin masukan dari rekans. Di bawah ini
adalah terbersit di kepala saya tentang HSE untuk geological operation:
 1. Geological Hazard. Bisa jadi ini berkaitan dengan Shallow Gas potential
dan Fault. Yang belum saya mengerti adalah:
- seberapa bahayanya Shallow gas ini dan bagaimana kita menghadapinya.
- untuk fault, barangkali ada yang mau menerangkan tentang hubungan fault
ini dengan drilling (hole stability dll).
2. Geological-related drilling problem:
- Shale swelling and sloughing. Apa definisinya? dan kira kira apa
kontribusi kita sebagai geologist
- Reactive shale, definisi dan bagaimana kita memberikan andil geologi
untuk
masalah ini
3. Data acquisition:
- Mud logging: tentang pelatihan, safety dan laen laen (penggunaan zink
bromide? untuk penentuan shale density)
- Wireline logging: pelatihan, Safety, SOP, radioactive source, explosive
dll
- LWD: radioactive source
4. Apalagi ya?
mohon masukannya.