Rekan2 yth.,
Dating contoh batuan volkanik dari  Watuadeg - Yogyakarta yang dilakukan
oleh La Ode Ngkoimani, mahasiswa S3 Dept. Fisika ITB menghasilkan umur 56
jtl dan dari Kulonprogo 75 jtl. Pentarikhan tersebut dilakukan dengan metoda
K-Ar di Lab. Australia. Contoh yang sama dari Watuadeg, menurut informasi
dari La Ode Ngkoimani kemarin siang ketika berbincang-bincang di ruang saya,
juga telah di-dating dengan metoda K-Ar di sebuah Lab. di Amerika,
menghasilkan umur 58 jtl. Kelihatannya, angka 56 jtl dari Australia, "masih"
bisa dianggap bersesuaian dengan angka 58 jtl dari Amerika. Jadi, hasil
pentarikhan La Ode Ngkoimani yang 56 jtl. mestinya  bisa kita katakan
"absolutely right" ketimbang "absolutely wrong". Lagipula, menurut Bronto et
al. (2004), ada batuan volkanik di selatan Palabuhanratu, Jawa Barat, dalam
peta geologi dimasukkan dalam Formasi Citirem yang berumur Mesozoikum. Oleh
sebab itu, kelihatannya, angka2 56 dan 58 jtl untuk batuan volkanik dari
Watuadeg, 75 jtl. dari Kulonprogo dan batuan volkanik Formasi Citirem yang
Mesozoik bukan masalah lagi, karena merupakan hasil penelitian dan kajian
ilmiah yang bisa dipertanggung - jawabkan. Yang sangat menarik dari hasil
pentarikhan tersebut adalah implikasinya terhadap perkembangan geologi Pulau
Jawa. Kini kita memiliki data umur yang cukup tua (Mesozoikum) di
Yogyakarta - Kulon Progo - Karangsambung dan Selatan Palabuhanratu, Jawa
Barat. Adalah tantangan bagi kita semua untuk melihat dan mengkaji kembali
geologi sejarah Pulau Jawa, termasuk perkembangan geodinamika dan
proses-proses geologi lainnya.

Wassalam,

Yahdi Zaim