---------------------------- Original Message ----------------------------
Subject: Re: [iagi-net-l] Re: Batuan Volkanik Mesozoik Pulau Jawa
From:    "Awang Satyana" <[EMAIL PROTECTED]>
Date:    Wed, September 7, 2005 12:05 pm
To:      iagi-net@iagi.or.id

55.8 +/- 0.2 Ma adalah batas terbaru (Gradstein et al., 2004,
International Commision on Stratigraphy, Geologic Time Scale, 2004,
Cambridge University Press) antara Paleosen dan Eosen. Enam tahun lalu,
batas itu  adalah 54.8 Ma (Geologic Time Scale, 1999). Angka absolut ini
membatasi stage Ypresian di lowermost Eosen dan Thanetian di Upper
Paleocene.

Dengan menggunakan dua skala waktu itu, maka penemuan beberapa dating baru
seperti yang di-posting Pak Zaim, jelas menunjukkan umur volkanik/magmatik
Paleosen untuk Jatibarang, Subang Selatan, dan Watuadeg; dan Late
Cretaceous : Campanian untuk 75 Ma di Kulon Progo.

Apakah kita perlu segera merevisi implikasi geodinamika volcanic arcs di
Jawa di periode Late Cretaceous-Paleogene ? Pada hemat saya, tidak segera.
Katakanlah semua umur itu benar secara analisis laboratorium. Maka, saya
hanya melihat itu hanya sebaran umur yang sparse/spotted - tak lebih dari
background volcanism Jawa di umur2 Paleosen-Eosen. Coba kita taruh umur2
tua itu di histogram K-Ar dan fission track absolute dating Jawa yang
sudah dipublikasi, seperti dari Soeria-Atmadja et al. (1994) : Tertiary
magmatic belts in Java - Journal of SE Asian Earth Sciences, v.9, n. 1/2,
p. 13-27 (Pak Bambang Priadi salah satu co-author-nya).

Nah, kalau umur Paleosen atau lower Eocene membuat peak volcanism yang
lebar di histogram tersebut (seperti di Oligo-Miosen), maka kita benar2
dalam status kritis untuk memikirkan ulang geodinamika, tektonik, volkanik
Jawa saat Late Cretaceous-Paleogene. Namun, selama angka2 baru yang
berumur tua itu hanya spotted, saya hanya memandangnya tak lebih dari
background volcanism yang umum terjadi di Jawa sejak Eosen (hanya ini
menambah data baru bahwa dari Paleosen pun sudah ada background
volcanism).

Sebuah catatan dari plate tectonic theory : tak semua periode punya
volcanic arc-nya sendiri. Di Jawa, pemahaman sampai saat ini hanya melihat
bahwa volcanic arcs pernah terjadi di : (1) Oligo-Miosen, (2) Late
Miocene-Early Pliocene, dan (3) Kuarter. Butuh mekanisme subduction
tertentu untuk membuat volkanisme bangkit di island arc atau tepi benua.
Perlambatan subduction karena oceanic plateaux yang terkunci di penunjaman
akan meniadakan volcanism di depannya, itu antara lain.

Bagaimana dengan 75 Ma di Kulon Progo ? Pada hemat saya, ini yang mesti
lebih diwaspadai sepanjang dominan sebarannya. Saya kok merasa di suatu
tempat di Jawa Selatan antara Bayat dan Karang Sambung ada sesuatu yang
lain yang selama ini lepas dari pemikiran tektonik kita tetapi yang
mungkin dalam lima tahun terakhir ini indikasinya semakin kuat tentang
keberadaannya. Volkanisme umur 75 Ma Kulon Progo adalah salah satu
kontributornya. tepatnya, saya sedang mengkhayalkan sebuah sliver kontinen
skala kecil terdapat di bawah Bayat dan Nanggulan...

   Betul , memang adanya lapisan berumur eosen di Nanggulan sangat
   aneh ?
   Pemetaan saya awal thn 1974 didaerah itu say cukup bingun menerangkan
   sejarah sedimentasinya (apalagi saat itu kan saya masih yunior sekali
   dan belum terlalu mengenal plate tectonic.

   Kalau khayalan mengenai adanya silver kontinen itu dteruskan , jadi
   kira kira bagaimana sejarah tektonik Jawa Selatan?

   Si Abah

Saya pernah melihat Citirem di Ciletuh Pak Zaim, kebetulan itu wilayah
skripsi saya dulu (1988). Saya melihatnya sebagai bagian dari kompleks
melange Ciletuh, di-emplacement sebagai endapan pond deposits di inner
wall suatu palung, dengan beberapa intrusi magmatik (seperti leuco-granite
di Karang Sambung ?) ; kelihatannya bukan mengindikasi volcanic arc
Mesozoik Jawa.

Umur volkanik Paleosen di Subang Selatan, hampir saja mungkin bisa membuat
kita segera (dengan terburu-buru ?) menyambungkan volkanisme
Bayah-Subang-Jatibarang sebagai arc. Lebih baik kita cermati dulu hal
semacam itu, sebelum para volkanisme tua ini menunjukkan peak di
histogram.

OAF tak perlu dibingungkan, kalau merujuk ke buku sumbernya (Verbeek en
Fennema, 1896; van Bemmelen, 1949, 1970). Itu hanya istilah relatif yang
bisa setua Paleosen dan semuda Miosen Awal, tetapi dominasi di
Oligo-Miosen.

salam,
awang

Yahdi Zaim <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Pak Koesoemadinata Yth.,
Bapak menanyakan tentang referensi sebagaimana dalam email Bapak:
> Apakah "age-dating" ini bisa dikutip dan apakah referensinya yang dapat
dipakai untuk digunakan studi?
> Atau e-mail Anda bisa saya gunakan sebagai referensi?
> RPK

Berikut ini beberapa publikasi berkenaan dengan hasil pentarikhan dan
study paleomagnetisme batuan volkanik yang bisa dirujuk sebagai berikut:
1. La Ode Ngkoimani, Satria Bijaksana and The How Liong, 2004: The
Suitability of Andesitic Rocks from Yogyakarta for Paleomagnetic Study,
Proc. PIT 29 HAGI, Yogyakarta.
2. La Ode Ngkoimani, S. Bijaksana, H. Utoyo and S. Permanadewi, 2004: New
K-Ar Ages of Igneous Rocks from Yogyakarta (Abstract), Workshop on
Paleogene Stratigraphy of Jawa.
3. S. Bijaksana, S.Bronto, L.O. Ngkoimani and S. Mulyaningsih, 2004 :
Eruption Centre of Pillow Lavas in Brebah Area, Yogyakarta
(Abstract),Workshop on Paleogene Stratigraphy of Jawa
4. S. Bronto, S. Bijaksana, P.Sanyoto, L.O. Ngkoimani and S. Mulyaningsih,
2004 : Preliminary Study of Jawa Paleogene Volcanism (Abstract),Workshop
on Paleogene Stratigraphy of Jawa.
5. Disertasi S3 Sdr. L.O. Ngkoimani, tetapi Ngkoimani baru akan Sidang
Terbuka S3-nya di ITB tanggal 10 September 2005 mendatang.

Mudah-mudahan beberapa referensi di atas bisa memenuhi referensi yang
Bapak tanyakan/perlukan.

Terima kasih,

Salam Hormat saya,

Yahdi Zaim