Gara-gara pertanyaan meditatif dari Abah, 2 minggu lalu saya bertanya kepada
seorang ekonom ttg apa sebabnya harga BBM di republik ini naik. Minggu lalu
saya masih meneruskan memikirkan pertanyaan tsb, sekali ini melalui diskusi
dengan seorang pengusaha Pakistan yang saya jumpai di kereta Argo sepulang
dari kuliah di Bdg.

Sang ekonom bilang:

1. Dari sisi kebutuhan, jumlah penduduk kita naik, sehingga kebutuhan energy
(termasuk bbm) naik.
2. Kita mengusahakan industri semakin maju, maka kebutuhan energy (termasuk
bbm) melonjak lebih lagi.
3. Kedua hal kebutuhan diatas adalah terukur dan dapat di prediksi. Jadi
mestinya tingkat kebutuhan tinggi tsb sudah dapat diantisipasi.
4. Tapi nyatanya tidak ada peningkatan supply yang menonjol dalam 5 thn
terakhir; ia berjalan apa adanya saja, seperti tanpa perencanaan.
5. Jadi, kita pandai membincangkan sesuatu hal atau membuat rencana besar
ini itu, tetapi tidak mau bersusah payah mempersiapkan segala penunjang dst.

Ini mirip dengan pembagian uang utk rakyat sekarang. Uang diguyur, tetapi
pendataan belum beres, jadinya orang berkelahi rebutan hak atau menguntit
hak orang lain.

Si Pengusaha Pakistan bilang:
1. Saya heran betul melihat orang di Indonesia (dia banyak travel keberbagai
tempat di Indo), kog pada tidur semua, padahal keadaan sudah tak betul-betul
tak beres.
2. Negeri ini kaya minyak, tetapi orang mesti antri beli bensin & minyak
tanah. Bodoh sekali penduduk negeri ini, minyak mentah disedot orang /
perusahaan asing, dijual. Lalu kita membeli hasil olahan minyak mentah utk
kebutuhan dalam negeri...aneh..aneh..
3. Bagaimana mungkin negeri ini tidak punya kilang yang besar-besar ????
4. Orang demo soal BBM naik, tapi tak ada yang bicara menuntut pembangunan
kilang ?.

Omongan si ekonom, sang pengusaha Pakistan, dan tulisan Abah dibawah adalah
sambung menyambung. Lain waktu kita tengok benang merahnya...siapa tahu
nanti nampak apa yang mesti dilakukan IAGI, supaya jangan ikut menanggung
dosa terus menerus...Bukankah malu rasanya jika berdosa tak putus-putus ?.
Tak terasa diskusi kita akan masuk dalam ruang etik tentang peran si ahli
geol di negeri tercinta. Semoga gayung bersambut terus.

bat