Pak Prasidha apakah punya informasi mengenai berapa harga data-data ini?
Misalnya saya mahasiswa ingin riset tentang sebuah cekungan ambil contoh cekungan Sumsel. Saya butuh 150 lines data seismik 2D, panjang data seismik sekitar 15 km per/1 seismik (jadi total 2250 km), kira-kira butuh biaya berapa untuk mendapatkan data ini yah?

Salam
Minarwan

Prasiddha Hestu Narendra wrote:
sebenarnya simple saja, siapapun boleh akses data yang penting mengikuti aturan main dengan benar. sudah banyak kok yg melakukan studi baik untuk kepentingan komersial maupun yg tesis, perlakuannya jelas berbeda. Yg jadi masalah adalah ada saja yg berkedok studi dengan mengatasnamakan lembaga pemerintahan tetapi sebenarnya untuk kepentingan komersial......